Sukses

Daftar Smartphone dengan Kamera Utama Terbanyak, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Tren smartphone dengan kamera ganda harus diakui sudah dimulai sekitar beberapa tahun lalu. Kini, tren tersebut masih belum berubah, bahkan sejumlah vendor malah menambah jumlah lensa kamera utamanya.

Meski masih terbatas dilakukan oleh sejumlah vendor saja, tren smartphone yang memiliki kamera lebih dari dua kelihatannya masih akan berlanjut.

Alasannya, dapat dipastikan tren ini akan diadopsi lebih banyak vendor, sehingga penggunanya akan kian masif.

Namun, sebelum tren ini akan banyak tersedia di banyak smartphone, tak ada salahnya mengetahui produk pionir yang mengusung kamera utama lebih dari dua lensa. Untuk mengetahuinya, simak daftarnya berikut ini.

1. Huawei P20 Pro

Huawei P20 Pro dapat dikatakan sebagai pelopor smartphone yang hadir dengan tiga lensa di kamera utama. Ketiga kamera yang tersemat di smartphone ini masing-masing memiliki sensor RGB 40MP, monokrom 20MP, dan sensor 8MP untuk mengambil gambar telephoto.

Ketiga lensa tersebut juga memiliki aperture lebar, yakni f1.8, f1.6, dan f2.4 untuk merekam detail yang lebih tajam.Tidak hanya itu, Huawei P20 Pro dilengkapi dengan lensa 3x telephoto Leica untuk fotografi jarak jauh 5x Hybrid Zoom.

Huawei P20 Pro dibekali dengan kamera depan 24MP dengan AI Beautification dan 3D portrait lightning. Hal ini diklaim mampu menghasilkan selfie dengan penyesuaian tone yang membuat raut wajah tampak jelas.

Smartphone ini didukung spesifikasi premium, seperti dapur pacu yang diperkuat prosesor Kirin 970 berteknologi AI, RAM 6GB, dan ruang penyimpanan internal 256GB.

Smartphone berukuran layar 6,1 inci ini juga didukung kapasitas daya 4.000mAh. Layarnya beresolusi FHD 1.080 x 2.240 piksel.

Huawei P20 Pro didukung spesifikasi premium, misalnya dapur pacu yang diperkuat prosesor Kirin 970 berteknologi AI, RAM 6GB, dan ruang penyimpanan internal 256GB.

2 dari 3 halaman

LG V40 ThinQ dan Samsung Galaxy A7

2. LG V40 ThinQ

Sama seperti Huawei P20 Pro, smartphone terbaru LG ini hadir dengan tiga lensa untuk kamera utamanya. Namun, jumlah keseluruhan kamera di smartphone ini ada lima dengan tambahan dua lensa di kamera depan.

Tiga lensa yang tersedia di bagian belakang memiliki fungsi berbeda, mulai dari kebutuhan zoom hingga wide-angle.

Lensa utama dari kamera belakang V40 ThinQ beresolusi 12MP. Sementara dua lainnya merupakan lensa tele 12MP dengan f/2.4 dan kamera ultra wide-angle 16MP yang sebelumnya ada di G7.

Seluruh kamera tersebut dibekali dengan digital image stabilization untuk perekaman video berkualitas HDR. Ketiga kamera juga dapat bekerja secara simultan berkat fitur Triple Shot.

Adapun keperluan selfie diserahkan pada dua kamera depan yang masing-masing beresolusi 8MP dan 5MP.

Smartphone ini didukung chipset Snapdragon 845 yang dipadukan dengan RAM 6GB dan ROM 64GB.

Memiliki layar FullVision 6,4 inci, LG menggunakan panel QHD + OLED yang didukung HDR 10 dan rasio aspek 19,5

3. Samsung Galaxy A7

Tampilan Samsung Galaxy A7 dengan tiga kamera utama (sumber: slashgear)

Smartphone kelas menengah Samsung ini merupakan perangkat dengan tiga kamera pertama dari perusahaan asal Korea Selatan tersebut. Tiga kamera itu hadir dengan fungsi yang berbeda-beda.

Satu lensa 8MP memiliki kemampuan wide angle dengan luas 120 derajat, lensa lainnya memiliki resolusi 25MP, dan satu lagi ada lensa 5MP untuk menangkap depth field dan menghasilkan foto bokeh.

Beralih ke kemampuan selfie, Galaxy A7 dibekali kamera depan 24MP yang didukung LED Flash.

Bicara spesifikasi, perangkat ini memiliki RAM 4GB dan memori internal 64GB.

Perfomanya ditunjang dengan prosesor octa-core. Galaxy A7 juga didukung sistem operasi Android Oreo 8.0.

Galaxy A& juga memiliki baterai cukup besar, yakni 3.300 mAh.

Sebagai perangkat menengah, Samsung juga membekali smartphone ini dengan sistem audio Dolby Atmos, Samsung Bixby, dan aplikasi Samsung Health.

3 dari 3 halaman

Samsung Galaxy A9 dan Huawei Mate 20

4. Samsung Galaxy A9

Galaxy A9 merupakan smartphone pertama di dunia yang hadir dengan empat kamera utama. Samsung merancang inovasi terbaru pada smartphone anyar ini khusus untuk pengguna yang gemar travel dan selfie.

Empat kamera utama Samsung Galaxy A9 sendiri masing-masing memiliki resolusi 24MP f/1.7 dan 10MP f/2.4 dengan lensa telephoto optical zoom 2x.

Kemudian ada kamera ultra wide 8MP f/2.4 dan depth camera 5MP f/2.2 dengan Live Focus. Sementara kamera selfie-nya beresolusi 24MP.

Soal dapur pacu, Galaxy A9 ditopang prosesor Snapdragon 660 dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB yang bisa diekspansi via slot microSD hingga 512GB.

Untuk urusan layar, Galaxy A9 mengusung bentang layar 6,3 inci Super AMOLED (2160×1080 piksel) dengan teknologi Super AMOLED.

Smartphone ini diperkuat baterai 3.800mAh dengan USB type C, yang dilengkapi teknologi pengisian daya cepat Quick Charge 2.0.

5. Huawei Mate 20 dan Huawei Mate 20 Pro

Peluncuran Huawei Mate 20 Pro. (Doc: Huawei)

Smartphone paling baru dari Huawei ini sama-sama mengsung tiga kamera utama. Namun, antara Mate 20 dan Mate 20 Pro memiliki spesifikasi kamera yang berbeda.

Penyusunan lensa kamera ini terbilang tidak biasa karena diatur berbentuk kotak seperti mata dadu, tidak vertikal maupun horizontal.

Mate 20 memiliki tiga lensa utama dengan resolusi 12MP (wide angle), 16MP (ultra wide angle), dan 8MP (2x telephoto).

Sementara Mate 20 Pro hadir dengan lensa beresolusi 40MP (wide angle), 20MP (ultra wide angle), dan 8MP (3x telephoto).

Keduanya sama-sama memiliki kamera depan beresolusi 24MP. Namun, Mate 20 Pro hadir dengan kemampuan 3D scanner untuk membuka perangkat dan didukung fitur kecerdasan buatan.

Selain itu, ukuran kedua layar juga sedikit berbeda. Mate 20 hadir dengan layar flat LCD berukuran 6,53 inci, sedangkan Mate 20 Pro hadir dengan layar curved OLED 6,39 inci.

Keduanya dipersenjatai Kirin 980. Mate 20 hadir dengan kombinasi RAM 4GB atau 6GB yang dipadukan memori internal 128GB, sedangkan Mate 20 Pro memiliki RAM 6GB dengan memori internal 128GB.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Rilis Bulan Depan, Intip Spesifikasi Honor 8X
Artikel Selanjutnya
Harga Asus Zenfone 5 Series Terbaru, Smartphone Murah dengan Desain Mewah