Sukses

Genjot Minat Baca Milenial, Telkomsel Hadirkan Perpustakaan Digital

Untuk informasi, eluncuran T-Perpus juga merupakan kerja sama Telkomsel dengan Gramedia Digital Nusantara (GDN).

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel baru saja meluncurkan layanan perpustakaan digitalnya, T-Perpus. Kehadiran T-Perpus didasari alasan Telkomsel yang menilai kalau Indonesia adalah salah satu negara dengan tingkat literasi paling rendah di dunia.

Selain itu, minat baca masyarakat di Indonesia juga rendah. Karena minat baca yang begitu rendah ini, kemampuan membaca, berhitung, dan juga pengetahuan ilmiah anak-anak di Indonesia masih tertinggal jauh dengan negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, dan juga Thailand.

Untuk informasi, peluncuran T-Perpus juga merupakan kerja sama Telkomsel dengan Gramedia Digital Nusantara (GDN).

General Manager Corporate Social Responsibility Tubagus Husniyullah mengatakan kalau T-Perpus merupakan bentuk kolaborasi Telkomsel dengan GDN untuk pendidikan Indonesia, yang dihadirkan untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan meningkatkan sumber daya manusia.

"Aplikasi digital T-Perpusdapat digunakan dengan mudah dengan menyesuaikan gaya hidup digital masa kini, sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat baca anak muda Indonesia," ujar Tubagus dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Selasa (21/8/2018).

"Harapan kami tentunya agar aplikasi ini bisa memberi manfaat bagi banyak orang, dan kolaborasi kami dengan Telkomsel ini bisa menjadi awal dari kolaborasi kita selanjutnya, yang tujuan utamanya adalah untuk menjadi akselerator dari kemajuan Indonesia," ujar C hief Operating Officer Gramedia Digital Nusantara Adi Ekatamadalam kesempatan yang sama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemudahan Mengakses Informasi

T-Perpus sendiri adalah platform aplikasi perpustakaan digital yang memudahkan masyarakat khususnya komunitas di sekolah dalam mengakases informasi, mendorong minat baca, meningkatkan kompetensi dan mutu dalam bidang pendidikan.

Aplikasi ini menyediakan berbagai macam kategori buku, majalah dan koran yang menarik, dan dapat digunakan pada platform iOS atau Android dimana pun dan kapan pun.

Telkomsel memberikan 5000 akses user tanpa biaya, yang akan disebar di beberapa wilayah di Indonesia.

Di tahap awal, Telkomsel memberikan 1000 user di universitas atau perguruan tinggi yang ada di Jawa Barat dengan jumlah konten buku lebih dari 3000 dengan 69 kategori.

Secara periodikal, program T-Perpus bakal dirilis di daerah-daerah selanjutnya.

“Diharapkan program tahap pertama di Jawa Barat ini bisa menjadi langkah awal untuk merangsang dan menumbuhkan minat baca para mahasiswa dan mahasiswi, dan mendukung pola berpikir mereka untuk selalu berfikir kreatif. Dengan menggandeng para anak muda, kami ingin menciptakan budaya baru dengan menerapkan gaya baca kekinian”, pungkas Tubagus.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.