Sukses

Tips Beli Smartphone Bekas Agar Enggak Kena Tipu

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak alasan bagi seseorang memilih untuk membeli smartphone bekas. Salah satunya adalah untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dengan ponsel kedua di lingkungan khusus, seperti pekerjaan.

Alasan lain yang juga membuat seseorang memilih smartphone bekas adalah pengalaman merasakan ponsel bermerek terkenal dengan harga lebih terjangkau.

Namun, terlepas dari apapun alasannya, membeli smartphone bekas tetap membutuhkan pertimbangan.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa pertimbangan untuk membeli smartphone bekas dengan kualitas yang tak jauh dari harapan dan tentunya terhindar dari penipuan.

1. Beli dari orang yang dikenal apik

Jika ingin membeli smartphone bekas, coba mencarinya melalui kenalan terdekat lebih dulu. Lewat cara ini, kemungkinan dibohongi tentu lebih kecil ketimbang membeli dari orang lain di situs jual beli. Jangan lupa juga untuk menegosiasikan harga.

2. Periksa kelengkapan smartphone termasuk garansi

Selalu ingat untuk memastikan kelengkapan smartphone yang dibeli. Selain ponsel, kelengkapan lain seperti kabel USB, charger (pastikan asli), headset, dan barang lainnya.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah kartu dan masa garansi yang tersisa.

3. Riset harga pasar

Riset harga penting dilakukan agar tak merasa kemahalan ketika membeli smartphone bekas. Tak hanya versi baru, kisaran harga untuk smartphone bekas juga bisa diperoleh dari berbagai situs jual beli.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Periksa sinyal dan WiFi

Sebelum membeli, pastikan komponen penangkap sinyal di smartphone tersebut masih berfungsi. Hindari kondisi kehilangan sinyal, ketika di area yang sebenarnya memiliki kondisi bagus. Selain sinyal, fitur WiFi dan Bluetooth juga dipastikan mampu berjalan baik.

5. Cek kinerja dari berbagai fitur smartphone

Jangan ragu mengutak-atik fitur smartphone yang akan dibeli. Tombol, baterai, speaker, dan mikrofon serta fungsi lain harus dipastikan dapat berjalan lancar. Coba juga untuk melakukan atau menerima panggilan.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.