Sukses

Paten Smartphone Layar Lipat Oppo Bocor

Bocoran baru tersebut semakin memperkuat kabar hadirnya smartphone lipat pertama Oppo ini.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun lalu vendor smartphone asal Tiongkok, Oppo, mematenkan setidaknya dua desain perangkat dengan layar fleksibel.

Terkini, tiga paten baru atas nama Oppo telah muncul di internet. Bocoran baru tersebut semakin memperkuat kabar hadirnya smartphone lipat pertama perusahaan.

Dikutip dari laman Gizmochina, Jumat (6/7/2018), desain smartphone lipat Oppo ini mengadopsi penampilan ponsel clamshell.

Agar layar fleksibel smartphone tidak cepat rusak, Oppo menyematkan teknologi 'kantong udara' di kedua bagian layar.

Saat dilipat, udara yang terperangkap di kantong tersebut akan bergerak ke lipatan layar dan bertindak sebagai bantalan untuk membuatnya tetap sejajar dengan layar lainnya.

Untuk paten desain kedua yang diterbitkan pada Februari 2018, Oppo memasang tiga layar di perangkat.

Saat dilipat, tampak perangkat memiliki dua layar--satu di setiap sisi. Namun, layar ketiga baru terlihat ketika kamu membuka dan menarik keluar "layar belakang".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Paten Lain

Paten smartphone lipat Oppo. (Doc: Let'sGoDigital)

Di paten ketiga, perusahaan menggunakan desain lipat yang mirip dengan konsep smartphone lipat milik Samsung dan Huawei.

Oppo sendiri mematenkan beberapa versi desain layar lipat ini. Salah satunya, perangkat tersebut menggunakan mekanisme putar, dan lainnya ditambahkan engsel agar bisa dilipat.

Ketika tidak dilipat, layar smartphone Oppo akan memiliki ukuran lebih lebar--seperti tablet.

Kamera, sensor, dan lubang suara perangkat menghadap ke depan di sisi kanan, sementara kamera belakang dan flash LED terletak di sebelah kiri.

Tidak diketahui kapan Oppo akan merilis smartphone lipat pertamanya ini di pasaran. Perusahaan pun masih belum menyebar informasi terkait kehadiran perangkat ini.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.