Sukses

Instagram Bantu Pengguna untuk Update Unggahan di Feed

Liputan6.com, Jakarta - Instagram sudah sejak lama mengubah urutan unggahan yang ada di feed pengguna. Kini, media sosial itu mengandalkan algoritma khusus, alih-alih menyusun feed secara kronologis seperti dulu.

Keputusan itu lantas menuai respons negatif dari para pengguna, sehingga perusahaan berusaha untuk memperbaikinya dengan merilis fitur baru, seperti yang dilakukan beberapa waktu lalu.

Kini, Instagram merilis sebuah fitur yang membantu pengguna mengetahui apakah dirinya sudah melihat seluruh unggahan. Pasalnya, dengan algoritma saat ini, feed pengguna tak diurutkan sesuai waktu saat konten diunggah.

Karenanya, fitur ini membantu pengguna mengetahui unggahan terbaru dari akun yang diikutinya. Dikutip dari The Verge, Kamis (5/7/2018), fitur ini akan menampilkan informasi yang menandakan pengguna sudah melihat seluruh unggahan terbaru di feed Instagram. 

Namun, fitur ini hanya berlaku untuk unggahan dalam kurun waktu 48 jam terakhir. Pengguna akan mendapat notifikasi bertuliskan "You're all caught up" sebagai pembatas untuk unggahan terbaru di feed. 

Lalu, di bagian bawah notifikasi tersebut berisi unggahan yang berusia lebih dari dua hari dan digabungkan dengan unggahan lain yang pernah dilihat pengguna.

Kendati tak menjawab permintaan pengguna untuk menampilkan feed sesuai urutan waktu, fitur ini setidaknya dapat membantu pengguna mengetahui unggahan terbaru dari akun lain.

Fitur ini sudah tersedia untuk Instagram versi Android dan iOS. Sebelumnya, Instagram juga sempat dikabarkan merilis fitur baru yang membantu pengguna mengetahui durasi saat mengakses aplikasi tersebut.

1 dari 3 halaman

Instagram Ingatkan Pengguna Saat Akses Terlalu Lama

Kabarnya, fitur ini akan diberi nama “Usage Insights”. Selain memberikan informasi tentang durasi saat mengakses Instagram, fitur ini juga akan memberi notifikasi saat pengguna mengakses Instagram terlalu lama.

Menariknya, bocoran screenshot yang diungkap salah satu tim pengembang Instagram, memperlihatkan kalau pengguna bisa mengatur waktu normal membuka Instagram.

Misal, pengguna bisa mengatur durasi hanya satu jam. Jika sudah lewat dari satu jam, Instagram langsung akan mengingatkan pengguna.

Untuk diketahui, fitur ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Instagram mengenai dampak internet terhadap kehidupan.

CEO Instagram Kevin Systrom, merasa Instagram perlu membuat pengguna untuk jeda dari kegiatan online untuk sementara waktu. Karenanya, fitur ini diharapkan dapat menjadi solusi.

Systrom memang tidak secara eksplisit menyebutkan nama fitur baru tersebut. Keberadaan fitur ini ditemukan oleh Jane Manchun Wong, di dalam kode sumber aplikasi Instagram.

2 dari 3 halaman

Instagram Rajin Rilis Fitur Baru

Instagram termasuk media sosial yang kerap merilis berbagai fitur baru. Beberapa waktu lalu, misalnya, Instagram merilis stiker polling baru bernama "emoji slider".

Emoji slider ini merupakan cara baru bagi pengguna untuk menggelar jajak pendapat di Stories. Para pengguna bisa memberikan peringkat pada jajak pendapat dengan menggunakan emoji.

Pengguna bisa menanyakan atau mengetahui seberapa besar ketertarikan teman-temannya di Instagram terhadap sesuatu melalui fitur tersebut.

Fitur baru ini dinilai lebih interaktif ketimbang stiker "poll" di Stories, yang hanya menyediakan dua pilihan jawaban untuk jajak pendapat. Menurut pihak Instagram, stiker "emoji slider" ini merupakan cara yang menyenangkan untuk berinteraksi dengan teman-teman.

Stiker ini sudah tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Namun jika belum melihat stiker ini Stories, maka kamu harus mengunduh versi terbaru Instagram terlebih dahulu di Google Play atau App Store.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Tik Tok Bakal Batasi Usia Pengguna Minimal 16 Tahun
Artikel Selanjutnya
Kena Blokir, Perwakilan Tik Tok Temui Menkominfo