Sukses

Trafik Data XL Axiata Naik 95 Persen Selama Lebaran 2018

Trafik layanan data XL Axiata mengalami peningkatan signifikan selama libur Lebaran dibandingkan hari-hari biasa dan tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata mengalami penaikan trafik layanan data yang signifikan selama libur Lebaran dibandingkan hari-hari biasa dan tahun lalu.

Trafik data selama 10 hari, mulai dari 8-17 Juni 2018 naik 30 persen dibandingkan hari-hari biasa dan 95 persen dibandingkan tahun lalu.

Untuk trafik layanan 4G mengalami peningkatan hingga 45 persen. XL Axiata mengklaim berhasil melalui masa krusial selama libur Lebaran tahun ini.

"Lebaran memang selalu menjadi momen krusial bagi kami sebagai penyedia layanan data dan telekomunikasi. Puluhan juta pelanggan kami mengharapkan bisa menggunakan layanan XL Axiata secara maksimal," ungkap Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya, dalam keterangan resminya, Rabu (20/6/2018).

Dijelaskannya, prioritas utama XL Axiata tidak hanya memastikan kenyamanan pelanggan di jalur mudik, tapi juga berbagai tempat keberangkatan seperti bandara, pelabuhan, stasiun kereta, terminal bus dan rest-area.

Selain itu, juga memastikan kualitas jaringan terjaga dengan baik di tempat-tempat wisata, seperti pantai, taman wisata dan pusat perbelanjaan.

"Jika itu bisa penuhi, maka dengan sendirinya trafik akan meningkat dan ini bagus secara bisnis. Kami bersyukur bisa memberikan layanan secara maksimal selama Lebaran ini, tanpa hambatan yang berarti," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tren Layanan Data

Menurut Yessie, kenaikan trafik data di Lebaran kali ini merupakan kelanjutan dari tren layanan data dalam beberapa tahun terakhir di momen yang sama.

Masyarakat dan pelanggan dinilai semakin nyaman menggunakan layanan data untuk mendukung berbagai aktivitas mereka selama libur Lebaran, termasuk saat bersilaturahmi, perjalanan mudik dan kembali lagi ke kota asal, serta berbagai kabar melalui media sosial.

Selain itu, kenaikan trafik juga tidak terlepas dari terus bertambahnya pengguna layanan data.

Trafik data tertinggi selama periode 10 hari didominasi, antara lain oleh trafik data streaming mencakup video dan musik sebesar 47 persen.

Penggunaan data berikutnya secara berurutan adalah web browsing 16 persen, layanan pesan singkat 13 persen dan media sosial 12 persen.

Adapun untuk layanan VoIP naik 20 persen. Bersama layanan pesan singkat, VoIP saat ini menjadi pilihan masyarakat sebagai pengganti layanan SMS dan telepon. Kedua layanan ini menjadi pilihan mengirimkan ucapan Ramadan dan Lebaran.

XL Axiata juga mencatat penggunaan aplikasi Facebook Messenger meningkat hingga 55 persen, Google Duo 20 persen, Hangout 16 persen, dan WhatsApp 15 persen.

Selain itu, kenaikan trafik yang sangat signifikan juga terjadi pada akses ke layanan penunjuk rute jalan seperti Waze dan Google Map, yaitu masing-masing 55 persen dan 135 persen.

3 dari 3 halaman

Peningkatan Trafik Data Berdasarkan Area

Dari sisi lokasi, kenaikan trafik data tertinggi terjadi di area Tasikmalaya sebesar 115 persen dan Kuningan 110 persen.

Selanjutnya Sampang-Madura dan Balikpapan masing-masing 95 persen, Garut 90 persen, Banyuwangi 77 persen dan Sumenep-Madura 75 persen.

Sementara itu, pola perpindahan pelanggan saat Lebaran identik dengan pergerakan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dan liburan.

Data per 15 Juni 2018 atau Lebaran hari pertama, menunjukkan jumlah pelanggan di Jabodetabek yang berpindah ke wilayah lain mencapai sekitar 25 persen, terbanyak dibandingkan wilayah lain.

Sebaliknya, wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta menjadi tujuan utama pelanggan dari wilayah lain, tercatat kedatangan pelanggan dari wilayah lain mencapai sekitar 25 persen. Pelanggan yang datang ke wilayah Jawa Barat sekitar 10 persen, ke Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) dan Kalimantan masing-masing sekitar 8 persen.

Seperti operator seluler lain, XL Axiata melakukan serangkaian persiapan untuk menjamin kualitas layanannya, termasuk merilis kampanye untuk Ramadan dan Lebaran, penambahan BTS, meningkatakan kapasitas upstream internet dan cakupan jaringan 4G LTE.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.