Sukses

Warganet Terpikat #PesonaBandaraKertajati

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan operasional Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat (Jabar) pada hari ini, Kamis (24/5/2018).

Peresmian bandara terbesar kedua di Indonesia ini sontak menarik perhatian banyak orang, termasuk di ranah internet.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Kamis (24/5/2018), #PesonaBandaraKertajati berada di daftar topik terpopuler atau Indonesia trend. Banyak warganet menyambut suka cita peresmian bandara tersebut.

Berikut beberapa kicauan warganet terkait Bandara Kertajati:

"Bandara sekarang sudah jadi bagian infrastruktur bisnis strategis. Makanya, kita dukung upaya Pak @jokowi membangun/merenovasi bandara untuk memacu perekonomian setempat. #PesonaBandaraKertajati," tulis @cakimiNOW.

"Selamat atas peresmian dan penerbangan perdana Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Indonesia, hari ini, kamis 24 mei 2018 oleh Presiden RI @jokowi #PesonaBandaraKertajati @kemenhub151 @djpu151 @angkasapura2 @kementerianbumn @kemenpar," tulis pengguna Twitter dengan akun @Evhan182.

"Kata Menpar Arief Yahya: Selamat atas peresmian #PesonaBandaraKertajati, saatnya kawasan di sekitarnya mempersiapkan atraksi dan amenitas pariwisatanya @infoseni_ @AleniaTunggal @vonGNR @Nurulsti_ @fajrinherris @emenardian @Royvandi_T @angtekkhun @jheipul @UmaAhmadi @Bondan_LBJ," demikian twit dari akun @donkardono.

2 dari 3 halaman

Bandara Terbesar ke-2 di RI

Diungkapkan Menteri Perhubungan, Budi Karya, Bandara Kertajati merupakan bandara terbesar kedua setelah Bandara Soekarno-Hatta. Bandara ini akan terintegrasi dengan Pelabuhan Patimban dan sudah terkoneksi dengan jalur tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

"Bandara ini tidak akan berdiri sendiri. Sekitar 40 km dari sini ada Pelabuhan Patimban yang besarnya sama seperti Tanjung Priok," ujar Budi.

Selain dikelilingi dengan proyek tersebut, Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) sepanjang 58 kilometer (km) juga akan segera dibangun, sehingga dapat menjadi akses utama masyarakat dari arah Bandung menuju Bandara Kertajati.

3 dari 3 halaman

Pendaratan Perdana

Jokowi melakukan historical landing atau pendaratan perdana di Bandara Kertajati pada pagi hari ini. Untuk tahap awal, bandara ini diproyeksikan dapat melayani arus mudik Lebaran 2018.

"Presiden @jokowi: Menteri Perhubungan @BudiKaryaS telah menyampaikan kepada saya insyaallah bisa (digunakan saat Lebaran) dan kurang lebih nanti tanggal 8 (Juni 2018) juga sudah ada penerbangan komersial yang masuk #PesonaBandaraKertajati," demikian twit dari Kantor Staf Presiden dengan akun @KSPgoid.

Tepat pukul 09.30 WIB, Pesawat Indonesia 1 yang digunakan Jokowi mendarat di Bandara Kertajati. Turut hadir mendampingi Jokowi dalam penerbangan ini adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Tak lama setelah romobongan presiden mendarat, Garuda Indonesia menjadi maskapai dengan pesawat kedua yang mendarat di Bandara Kertajati, dengan membawa penumpang VIP.

"Kita harapkan Bandara Kertajati ini bisa memberikan pelayanan kepada seluruh warga Jawa Barat dan seluruh masyarakat Indonesia," kata Jokowi di Bandara Kertajati.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Bandara Kertajati Resmi Beroperasi, Ini Reaksi DPR
Artikel Selanjutnya
Kaesang Pangarep Sering Dipaksa Minum Ramuan Rahasia Presiden Jokowi