Sukses

5 Cara Tangkal Haters Mengganggu di Media Sosial

Liputan6.com, Jakarta - Di era media sosial saat ini, membuat orang sakit hati cukup dengan jempol saja.

Akan tetapi, sadarkah kamu bahwa hinaan yang kamu anggap lucu di media sosial malah bisa memberikan efek negatif pada seseorang?

Bayangkan saat kamu sedang berekspresi dengan nyaman di sebuah platform media sosial, lalu tiba-tiba ada hater (pembenci) yang menulis kata-kata yang membuat risih di kolom komentar. Hal itu tentu akan mengganggu.

Untuk mengatasi hal itu, berikut lima cara menghindari haters di media sosial.

2 dari 6 halaman

1. Buat Konten Berkualitas

Untuk meminimalkan haters di media sosial, langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah mulai buat konten yang berkualitas.

Layaknya citra diri di dunia nyata, unggahan di media sosial akan menggambarkan kepribadian kamu yang sebenarnya.

Jangan ragu untuk memuat konten yang bermanfaat dan memberi nilai positif terutama untuk para follower di akun media sosial kamu. Yang perlu diingat adalah jangan sesekali memuat konten yang membenci bahkan menjatuhkan orang lain.

3 dari 6 halaman

2. Jangan Umbar Masalah Pribadi

Setiap orang pasti memiliki masalah pribadi yang mungkin berhubungan dengan teman, pasangan maupun keluarga. Kamu pun sebetulnya tidak perlu mengumbar masalah pribadi dan menuliskan unek-unek di media sosial.

Belum tentu semua orang bakal menerima unek-unek yang kamu tulis tersebut. Solusi terbaik adalah cari teman terdekat atau keluarga yang bisa kamu jadikan tempat untuk mencurahkan perasaan.

4 dari 6 halaman

3. Aktifkan Fitur Turn Off Commenting

Semakin ramainya media sosial di kalangan anak-anak muda dan remaja memotivasi para pengembang juga menambahkan fitur melawan para hater. Salah satunya adalah fitur Turn Off Commenting yang dimiliki Instagram.

Caranya sebelum unggah foto/video, kamu cek pilihan Advanced Settings kemudian aktifkan toggle Turn Off Commenting.

Setelah itu, secara otomatis kamu tak akan mendapatkan komentar apa pun pada unggahan tersebut. Untuk mematikannya, tekan ikon tiga titik pada posting dan pilih Turn On Commenting.

5 dari 6 halaman

4. Jadikan Motivasi

Para hater itu sudah pasti ada. Jika kamu sudah bisa berpikir positif, segala hal, baik kritik maupun cemoohan yang mereka katakan bisa jadi motivasi buat kamu loh. Ubahlah perspektif kamu dan jangan lupa introspeksi apa saja kesalahan yang pernah kamu buat.

Kamu pun perlu menahan emosi untuk tidak membalas haters dengan posting atau perkataan yang negatif. Ingatlah untuk terus berkarya dan bermanfaat bagi orang banyak.

6 dari 6 halaman

5. Haters Gonna Hate

Pasti kamu sering mendengar istilah Haters Gonna Hate. Tidak ada salahnya jika para pembenci selalu membenci apa saja yang kamu lakukan. Jangan buang waktu untuk meladeninya. Tinggalkan saja dan anggap saja ocehan pembenci sebagai angin lalu.

Secara tidak sadar, cemoohan, dan perkataan hater akan membuat kamu makin terkenal. Cobalah fokus dengan apresiasi dan kritikan yang membangun. Jadikan pembelajaran bagi dirimu untuk terus berkarya.

 

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Tom/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Hati-Hati, Ini Efek Media Sosial bagi Hubungan Cinta
Artikel Selanjutnya
Blunder Besar Zuckerberg soal Kasus Kebocoran Data Facebook