Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Apple Siap Atasi Bug yang Buat Siri Ungkap Pesan Tersembunyi

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, ada laporan dari salah satu situs asal Brasil, Mac Magazine, yang menyebut ada bug di iOS terbaru. Bug ini memungkinkan orang lain mengetahui pesan yang disembunyikan saat iPhone dalam keadaan terkunci.

Sejak iOS 11, pengguna memang dapat menyembunyikan isi pesan yang masuk jika perangkat dalam keadaan terkunci. Jadi, notifikasi pesan tersebut berikut pengirimnya dapat ditampilkan, tapi kontennya tak dapat dilihat.

Menanggapi laporan tersebut, Apple mengaku telah mengetahuinya dan berupaya untuk menyelesaikannya. Dikutip dari Phone Arena, Senin (26/3/2018), perusahaan akan menggulirkan penyelesaian masalah ini ke update selanjutnya.

"Kami mengetahui soal masalah ini dan akan menyelesaikannya di pembaruan software selanjutnya," tutur Apple. Namun, perusahaan tak mengungkap penyelesaian masalah ini akan rilis bersama dengan iOS 11.3 atau pembaruan khusus dengan kode nama iOS 11.2.7.

Sekadar informasi, bug ini memungkinkan orang lain memanfaatkan Siri untuk mengetahui isi pesan dari beragam aplikasi, seperti WhatsApp, Telegram, dan Skype saat iPhone berada dalam keadaan terkunci.

Satu-satunya aplikasi yang tak terdampak bug ini adalah iMessages. Untuk mengetahui isi pesan dari iMessages menggunakan Siri, pengguna harus melakukannya dalam keadaan perangkat terbuka. Masalah ini sendiri ditemukan di iOS 11.2.6 dan iOS 11.3 beta.

2 dari 3 halaman

Pengguna Temukan Bug di iOS 11

Mengawali 2018, masalah software memang tengah menjadi masalah tersendiri bagi Apple. Sebelumnya, ada bug yang ditemukan di iOS 11 dan berakibat cukup fatal hingga membuat sistem menjadi crash.

Bug ini membuat seseorang yang mengirimkan karakter tertentu menyebabkan iPhone menjadi crash. Tak hanya itu, bug ini menyebabkan akses ke sejumlah aplikasi, seperti WhatsApp, Outlook, hingga Gmail menjadi terblokir.

Adalah blog teknologi asal Italia, Mobile World, yang melaporkan keberadaan bug ini. Menurut mereka, bug ini menjangkiti beberapa iPhone yang menjalankan iOS 11.2.5, termasuk beberapa versi Safari dan Message di MacOS.

Apple sendiri tak tinggal diam mengetahui ada masalah ini di sistem operasinya tersebut. Perusahaan yang berbasis di Cupertino itu berencana menggulirkan solusi melalui pembaruan sistem, sebelum iOS 11.3 meluncur pertengahan tahun ini.

Berdasarkan laporan, bug ini melibatkan pengiriman pesan dengan karakter bahasa India (Telugu). Jadi, Springboard iOS secara tiba-tiba berhenti bekerja setelah pesan diterima melalui iMessages.

Akibatnya, pesan tak dapat dimuat dan ditampilkan sebagaimana mestinya. Menurut penuturan sejumlah pihak, hal yang dapat dilakukan untuk membuatnya kembali normal adalah mengirimkan pesan kembali dan menghapus karakter tersebut.

Sementara untuk aplikasi pihak ketiga, seperti WhatsApp, Gmail, dan Outlook, sejumlah temuan menyebut aplikasi tak dapat berfungsi segera setelah pesan masuk. Kendati demikian, tak seluruh aplikasi terpengaruh.

3 dari 3 halaman

iOS Bermasalah, Pengguna Lapor ke Apple Store

Sebelumnya, pengguna juga sempat mengeluhkan bug yang ada di iOS 11.2. Masalah dari pembaruan ini dilaporkan terjadi hampir merata di pengguna iOS seluruh dunia.

Pengguna kebanyakan melaporkan perangkat miliknya tak dapat bekerja seperti biasa setelah mendapat pembaruan. Adapun masalah ini terjadi tak lama setelah pembaruan rilis pada 2 Desember, tergantung masing-masing wilayah.

Dikutip dari The Strait Times, pengguna iPhone di Singapura sempat berbondong-bondong ke Apple Store untuk mengadukan masalah ini. Salah seorang pengguna, Aung, menyebut pembaruan ini membuat iPhone 6-nya berulang kali restart.

"iPhone saya secara otomatis mati, lalu menyala, mati lagi, kemudian kembali menyala," tuturnya. Sebenarnya, ia sudah mencoba mencari solusi masalah ini di internet, tapi tak menemukannya.

Karena itu, ia memilih untuk mengunjungi Apple Store Singapura yang berlokasi di Orchard Road. Tak diduga, masalah serupa juga dialami pengguna lain yang memilih untuk menyambangi toko resmi Apple tersebut.

Apple menanggulangi masalah ini dengan sigap. Tak lama setelah bug ini dilaporkan, perusahaan segera merilis iOS 11.2 yang di dalamnya sudah tersedia solusi untuk masalah di iOS 11.1.2.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
Pengamat: Masyarakat Belum Kenal Ragam Ponsel BM
Artikel Selanjutnya
50 Persen Pengguna iPhone Perbarui iOS 13 dalam Tiga Pekan