Sukses

Ada Bug, Siri Tetap Bisa Baca Pesan Pengguna Saat iPhone Terkunci

Meskipun pesan sudah diatur agar disembunyikan saat iPhone terkunci, bug di iOS 11 membuat Siri tetap bisa membacakannya.

Liputan6.com, Jakarta - Masalah software kembali ditemukan di perangkat besutan Apple, tepatnya iOS. Adalah situs asal Brasil, Mac Magazine, yang melaporkan bug ini memungkinkan orang lain melihat pesan yang disembunyikan meski iPhone dalam keadaan terkunci.

Sekadar informasi, sejak iOS 11, pengguna memang dapat menyembunyikan isi pesan yang masuk jika perangkat dalam keadaan terkunci. Jadi, notifikasi pesan tersebut berikut pengirimnya dapat ditampilkan, tapi kontennya tak dapat dilihat.

Pengaturan ini lalu dibuat sebagai standar di iPhone X, mengingat pengguna memang harus memakai wajahnya untuk membuka perangkat. Namun, Siri ternyata dapat dipakai untuk membaca konten pesan itu meski dalam kondisi disembunyikan.

Dikutip dari 9to5Mac, Jumat (23/3/2018), dengan memanfaatkan Siri, pihak luar dapat mengetahui isi pesan dari beragam aplikasi, seperti WhatsApp, Telegram, dan Skype saat iPhone berada dalam keadaan terkunci. 

Satu-satunya aplikasi yang tak terdampak bug ini iMessages. Untuk mengetahui isi pesan dari aplikasi ini dengan memakai Siri, pengguna harus melakukannya dalam keadaan perangkat terbuka. 

Setelah ditelusuri, masalah ini terjadi karena adanya bug di iOS 11.2.6 dan iOS 11.3 beta. Apple sendiri sudah diberi tahu terkait keberadaan bug ini, tapi belum ada informasi lebih lanjut kapan perusahaan akan menyelesaikan masalah ini.

Mengawali 2018, masalah software memang tengah menjadi masalah tersendiri bagi Apple. Sebelumnya, ada bug yang ditemukan di iOS 11 dan berakibat cukup fatal hingga membuat sistem menjadi crash.

Bug ini membuat seseorang yang mengirimkan karakter tertentu menyebabkan iPhone menjadi crash. Tak hanya itu, bug ini menyebabkan akses ke sejumlah aplikasi seperti WhatsApp, Outlook, hingga Gmail menjadi terblokir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lagi, Pengguna Temukan Bug di iOS 11

Bug ini pertama kali ditemukan oleh blog teknologi asal Italia, Mobile World, beberapa waktu lalu. Bug ini ternyata menjangkiti beberapa iPhone yang menjalankan iOS 11.2.5, termasuk beberapa versi Safari dan Message di MacOS.

Apple sendiri tak tinggal diam mengetahui ada masalah ini di sistem operasinya tersebut. Perusahaan yang berbasis di Cupertino itu berencana menggulirkan solusi melalui pembaruan sistem, sebelum iOS 11.3 meluncur pertengahan tahun ini.

Berdasarkan laporan, bug ini melibatkan pengiriman pesan dengan karakter bahasa India (Telugu). Jadi, Springboard iOS secara tiba-tiba berhenti bekerja setelah pesan diterima melalui iMessages.

Akibatnya, pesan tak dapat dimuat dan ditampilkan sebagaimana mestinya. Menurut penuturan sejumlah pihak, hal yang dapat dilakukan untuk membuatnya kembali normal adalah mengirimkan pesan kembali dan menghapus karakter tersebut.

Sementara untuk aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp, Gmail, dan Outlook, sejumlah temuan menyebut aplikasi tak dapat berfungsi segera setelah pesan masuk. Kendati demikian, tak seluruh aplikasi terpengaruh.

Telegram dan Skype termasuk dalam daftar yang disebut tak terdampak bug ini. Pengguna versi beta publik iOS 11.3 juga dipastikan aman dari bug ini. Kendati demikian, Apple berjanji akan segera menyelesaikan masalah ini. 

3 dari 3 halaman

iOS Bermasalah, Pengguna Lapor ke Apple Store

Sebelumnya, pengguna juga sempat mengeluhkan bug yang ada di iOS 11.2. Masalah dari pembaruan ini dilaporkan terjadi hampir merata di pengguna iOS seluruh dunia.

Pengguna kebanyakan melaporkan perangkat miliknya tak dapat bekerja seperti biasa setelah mendapat pembaruan. Adapun masalah ini terjadi tak lama setelah pembaruan rilis pada 2 Desember, tergantung masing-masing wilayah.

Dikutip dari The Strait Times, pengguna iPhone di Singapura sempat berbondong-bondong ke Apple Store untuk mengadukan masalah ini. Salah seorang pengguna, Aung, menyebut pembaruan ini membuat iPhone 6-nya berulang kali restart.

"iPhone saya secara otomatis mati, lalu menyala, mati lagi, kemudian kembali menyala," tuturnya. Sebenarnya, ia sudah mencoba mencari solusi masalah ini di internet, tapi tak menemukannya.

Karena itu, ia memilih untuk mengunjungi Apple Store Singapura yang berlokasi di Orchard Road. Tak diduga, masalah serupa juga dialami pengguna lain yang memilih menyambangi toko resmi Apple tersebut.

Apple menanggulangi masalah ini dengan sigap. Tak lama setelah bug ini dilaporkan, perusahaan segera merilis iOS 11.2 yang di dalamnya sudah tersedia solusi untuk masalah di iOS 11.1.2.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.