Sukses

Sambut Laga Indonesia Vs Islandia, Warganet Gaungkan Jaga GBK

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan melakoni laga uji coba nanti malam, Minggu (14/1/2018). Skuad asuhan Luis Milla itu akan berhadapan dengan peserta Piala Dunia 2018, Islandia.

Laga ini kian spesial karena akan menjadi pertandingan pertama yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) setelah sebelumnya stadion itu mendapat perombakan besar-besaran.

Karena itu, Presiden Joko Widodo juga dijadwalkan akan hadir dan meresmikan SUGBK malam ini. Rencananya, peresmian akan dilakukan sebelum laga timnas Indonesia melawan Islandia.

Keriuhan menyambut pertandingan perdana di SUGBK ini juga ramai dibicarakan warganet di Twitter. Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, tagar Jaga GBK menjadi topik perbincangan hangat di situs microblogging itu.

Banyak di antara kicauan warganet mengajak para suporter untuk ikut menjaga kondisi SUGBK setelah resmi dibuka kembali untuk umum. Ada pula akun yang berbagi informasi seputar kondisi terbaru di stadion tersebut.

"Jangan buang puntung rokok sembarangan, biar ngerokok tidak ada puntung, bakar rokoknya dibalik #JagaGBK," tulis salah satu akun @fermendis.

Bagi kamu yang penasaran, berikut ini ada beberapa kicauan warganet terkait ajakan menjaga SUGBK yang digaungkan di Twitter menjelang laga timnas Indonesia melawan Islandia.

1 dari 2 halaman

SUGBK Setelah Renovasi

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) telah selesai 100 persen. Stadion tersebut kini siap digunakan untuk Asian Games XVIII Tahun 2018.

Kini, stadion itu memiliki pencahayaan berkekuatan 3.500 lux atau tiga kali lebih terang dari sebelumnya. Namun karena menggunakan LED lighting system, konsumsi listrik lebih hemat hingga 50 persen 

Sistem pencahayaan juga terintegrasi dengan sistem tata suara yang berkekuatan hingga 80 ribu watt PMPO.

“Tata suara SUGBK lebih baik dari sebelumnya, sehingga pada upacara pembukaan nanti terutama saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya akan lebih dramatis,” tuturnya.

Kualitas kursi juga lebih bagus dengan jenis satu kursi (single seat) dan lipat (flip up) telah memenuhi standar aksesibilitas evakuasi. Setiap kursi mampu menahan beban hingga 250 kg dan tidak mudah ditarik sehingga menahan aksi vandalisme.

“Sudah mengikuti standar FIFA dalam aspek keamanan di mana dalam kondisi darurat, dalam waktu 15 menit, stadion sudah harus kosong,” lanjut dia.

Kualitas lapangan semakin baik, mulai dari rumput yang digunakan merupakan rumput terbaik jenis zoysia matrella, dilengkapi alat penyiram rumput otomatis hingga sistem drainase antibanjir (zero run-off).

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Jadwal Anniversary Cup 2018: Ujian Timnas Indonesia U-23
Artikel Selanjutnya
Jadwal Liga 1 Pekan Keenam: Duel Sengit Persija Vs Persib