Sukses

Siap Saingi Kompetitor, Samsung Geber Bixby 2.0

Samsung mengumumkan Bixby 2.0 dengan kemampuan yang serupa Google Assistant dan Alexa dalam hal kontrol perangkat.

Liputan6.com, Jakarta - Rencana Samsung untuk terus memperbesar asisten virtual besutannya, Bixby, terus berlanjut. Hal tersebut ditunjukkan dengan mengumumkan keberadaan Bixby generasi terbaru.

Perusahaan asal Korea Selatan itu baru saja memperkenalkan Bixby 2.0 dalam konferensi pengembang di New York, Amerika Serikat. Dikutip dari Phone Arena, Kamis (19/10/2017), kini asisten virtual itu hadir dengan kemampuan yang lebih baik.

Salah satunya adalah kemampuan Bixby untuk mengontrol seluruh perangkat dalam ekosistem yang dimiliki pengguna. Kemampuan ini membuat asisten virtual itu kian mirip Alexa milik Amazon dan Google Assitatant dari Google.

Untuk mendukung kinerjanya, Samsung akan merilis software development kit Bixby terbaru untuk para pengembang. Dengan cara ini, para pengembang dapat menyiapkan aplikasi yang terintegrasi dengan asisten tersebut.

Samsung juga menuturkan Bixby akan dibenamkan pada televisi Samsung yang dijual di Amerika Serikat dan Korea Selatan. Perusahaan juga berjanji menawarkan pengalaman yang lebih baik, mulai dari bahasa hingga membaca kebutuhan pengguna.

"Bixby 2.0 merupakan penemuan ulang berani yang ditujukan untuk mengubah asisten digital menjadi bagian penting dari kehidupan tiap orang," ujar Head of Service Intelligence of Mobile Communications Business Samsung Eui-Suk Chung.

Sejumlah pihak menilai langkah Samsung ini merupakan upaya untuk mengejar ketertinggalan dari kompetitor. Terlebih, Bixby sempat mengalami kendala pengenalan bahasa saat pertama kali diluncurkan.

Samsung juga dikabarkan akan memperluas penggunaan Bixby ke smartphone kelas menengahnya. Laporan terbaru menyebut seri Galaxy A 2018 akan menjadi perangkat yang mendapatkan asisten virtual tersebut. 

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.