Sukses

Speaker Pintar Selamatkan Wanita yang Diancam Kekasih

Liputan6.com, Jakarta - Kemajuan teknologi tak hanya membuat pekerjaan manusia jadi lebih mudah, tetapi juga bisa menyelamatkan nyawa seseorang. Kali ini, sebuah perangkat speaker pintar menyelamatkan seorang wanita yang diduga mendapat ancaman dari sang kekasih.

Seperti dilansir The Independent, Kamis (13/7/2017), perempuan itu telah menderita luka pada bagian wajahnya akibat dipukul si pelaku bernama Eduardo Barros. Sayangnya, ia menolak mendapat perawatan dari rumah sakit untuk luka yang dideritanya.

Polisi mengatakan, speaker pintar secara tak sengaja mendengar ancaman yang diucapkan pelaku dan mengenalinya sebagai sebuah perintah. Secara otomatis, speaker pintar itu lalu menelepon bantuan darurat 911.

Belum diketahui pasti speaker pintar merek apa yang mampu menyelamatkan nyawa wanita tersebut. Kuat dugaan, speaker itu adalah Google Home.

Kejadian ini bermula saat Barros dan pacar yang tak disebutkan namanya itu sedang duduk di rumahnya di Tijeras, sebuah desa di New Mexico awal Juli 2017.

Diduga karena sang kekasih menerima sebuah pesan yang dianggap Barros sebagai pesan perselingkuhan, pria 28 tahun itu pun naik pitam. Ia kemudian mengancam untuk membunuh kekasihnya dengan sebuah senjata.

Menurut sherif setempat, Barros tak hanya mengancam, tetapi juga diketahui telah memukul perempuan itu dengan senjata miliknya.

Masih dalam suasana dingin antara keduanya, Barros diduga menyebut kalimat, "Apakah kamu menelepon sherif?" kepada sang kekasih.

Namun, pertanyaan itu terdengar oleh si speaker cerdas yang kemudian mengenalinya sebagai instruksi untuk menghubungi polisi. Demikian dituturkan oleh Kepala Sherif Bernalillo County Felicia Romero.

Sampai saat ini, belum diketahui jelas, speaker pintar apa yang berhasil menelepon pihak berwenang. Namun menurut sherif, perangkat itu adalah Alexa.

"Dalam rekaman 911, terdengar suara perintah Alexa, hubungi 911," ujar pihak sherif. Meski begitu, saat dikonfirmasi, Amazon mengatakan Alexa tak bisa menelepon 911.

(Tin/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Restoran Bon Jovi Bantu Pegawai Kena Imbas Shutdown

Tutup Video