Sukses

Takut Kemalingan Saat Mudik? Amankan Rumah Pakai 3 Gadget Ini

Cek tiga perangkat wajib agar kamu bisa mudik dengan nyaman saat meninggalkan rumah dalam waktu lama berikut ini

Liputan6.com, Jakarta - Selama mudik, hampir dapat dipastikan rumah akan ditinggalkan dalam keadaan kosong waktu yang cukup lama. Karenanya, mulai dari sekarang perlu disiapkan langkah untuk mengantisipasi kegiatan rutin tahunan tersebut.

Selain menghubungi aparat keamanan sekitar atau tetangga, hal lain yang perlu disiapkan adalah sejumlah perangkat yang dapat membantu kamu mengamankan kondisi rumah selama perjalanan di jalur mudik ataupun setelah tiba di tempat tujuan.

Lantas, apa saja perangkat tersebut? Simak daftar perangkat yang membuatmu tetap amankan rumah versi Tekno Liputan6.com di kala mudik berikut ini. 

1. Lampu pintar

Apabila kamu masih memiliki lampu regular, tak ada salahnya mulai menggantinya dengan lampu pintar yang kini sudah tersedia di pasaran. Melalui lampu pintar ini, kamu dapat mengatur jadwal nyala atau matinya alat penerang tersebut.

Jadi, rumah kamu dipastikan tetap terang sekaligus hemat daya karena dapat beroperasinya lampu dapat diatur dari jarak jauh. Namun perlu diingat, lampu ini memerlukan jaringan internet untuk dapat bekerja. Karenanya, pastikan jaringan internet di rumah tetap menyala selama ditinggalkan.

2. Alarm dengan sensor

Teknologi alarm rumah saat ini pun mulai bergeser semakin pintar. Terlebih dengan kelengkapan sensor gerak, penggunaan alarm pintar dapat menambah rasa aman saat rumah ditinggal pergi untuk waktu lama.

Beberapa produk yang dijual bahkan menawarkan proses instalasi yang mudah dan cepat, sehingga tak perlu repot memasang kabel untuk membuatnya terhubung. Tak lupa, beberapa produk alarm juga dapat memberikan notifikasi ke smartphone-mu saat membaca ada gerakan asing di sekitar rumah.

3. IP Camera

Sebagai pelengkap, kamu juga dapat memasang kamera pengawas berbasis internet atau yang dikenal sebagai IP Camera. Berbeda dari kamera pengawas berbasis kabel CCTV, kamu dapat menerima informasi tangkapan kamera secara langsung melalui internet. Bahkan, beberapa produk sudah dilengkapi mikrofon untuk menangkap suara.

Jadi, kamu cukup memasangnya di sudut strategis rumah, pasang aplikasinya di smartphone, dan rumahmu bisa dipantau secara real-time. Keuntungan lain dari IP Camera adalah harganya yang terjangkau. Untuk sekarang, kamu sudah bisa menemukan IP Camera yang dibanderol dari harga Rp 400 ribuan.

(Dam/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.