Sukses

Main Gim Nintendo di iPhone tanpa Jailbreak dengan Delta

Dengan emulator bernama Delta, pengguna iOS akan dapat memainkan gim-gim lawas NES atau SNES di iPhone dan iPad.

Liputan6.com, Jakarta - Gim mobile pertama Nintendo, Super Mario Run sudah dirilis di iOS dua pekan lalu. Sejak peluncurannya, gim mobile ini mendapatkan reaksi cukup beragam.

Terlepas dari reaksi tersebut, banyak pecinta Nintendo penasaran apakah dan kapan perusahaan asal Negeri Sakura ini meluncurkan gim-gim lawas Mario lainnya ke iOS?

Shigeru Miyamoto selaku kreator Mario dengan tegas menjelaskan bahwa Nintendo tidak ada rencana untuk melakukan porting gim lawas NES atau SNES ke iOS atau Android. Namun bukan berarti tidak ada cara lain bagi kamu untuk bernostalgia dengan gim-gim NES dan SNES favorit kamu.

Mengutip informasi dari laman BGR, Jumat (30/12/2016), seorang pengembang bernama Riley Testut meluncurkan sebuah emulator bernama Delta. Sebelum membuat Delta, ia sempat meluncurkan emulator untuk iPhone bernama GBA4iOS. Sayang, emulator tersebut 'mati' pada 2014 dengan pembaruan software iOS 8.1 yang Apple luncurkan pada saat ini.

Tak hanya gim Nintendo, kabarnya system lain juga akan bisa dimainkan dengan Delta. (Sumber: BGR)

Setahun usai aplikasinya 'ditendang' dari App Store oleh Apple, ia pun menulis kode pertama yang menjadi cikal bakal emulator Delta.

Tak hanya bisa memainkan gim-gim Nintendo, Delta juga akan mampu memainkan gim-gim dari sistem lainnya tanpa harus jailbreak iPhone, seperti GBA4iOS. Sayang, emulator Delta belum akan dirilis ke publik hingga awal 2017.

(Ysl/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini