Sukses

Foxconn Garap Modul Pengisian Daya Nirkabel untuk iPhone 8?

Apple dikabarkan telah menghadirkan pengisian daya nirkabel untuk iPhone yang rilis tahun depan dengan menunjuk Foxconn untuk menggarap modu

Liputan6.com, California - Kabar yang menyebutkan bahwa iPhone 8 akan dibekali fitur pengisian daya nirkabel kemungkinan benar adanya. Hal itu diketahui dari laporan terbaru Nikkei yang menuturkan Apple telah menunjuk perusahaan untuk menggarap teknologi tersebut.

Dikutip dari laman Apple Insider, Selasa (1/11/2016), menurut sumber anonim, perusahaan asal Cupertino itu telah meminta Foxconn untuk memproduksi modul pengisian daya nirkabel. Rencananya, modul ini akan disematkan untuk iPhone yang rilis tahun depan, yakni iPhone 8.

Namun belum dapat dipastikan apakah modul akan siap digunakan untuk produk iPhone yang meluncur pada 2017, mengingat Foxconn masih terus mengembangkan komponen sampai ke tingkat yang dianggap memuaskan.

Karena itu, rumor mengenai teknologi itu akan dikembangkan dan disiapkan oleh Apple kemungkinan benar adanya. Namun kepastian untuk menggunakannya pada seri iPhone terbaru merupakan perkara lain.

Masih dari sumber yang sama, kabarnya fitur ini hanya akan tersedia untuk iPhone versi premium. Dengan kata lain, hampir dapat dipastikan versi 'Plus' yang akan menggunakan fitur ini. 

 Apple sendiri disebut-sebut cukup lama berencana menggunakan pengisian daya nirkabel, tapi nyatanya tak pernah dilakukan sampai saat ini.

Pun demikian, bukan berarti tak ada produk Apple yang memiliki kemampuan semacam itu. Meskipun tak benar-benar serupa, Apple Watch sebenarnya sudah dibekali kemampuan pengisian daya nirkabel. 

Smartwatch tersebut memiliki kemampuan pengisian daya yang memanfaatkan teknologi Magnetic Charging Cable. Sistem itu memungkinkan keping magnet di Apple Watch menarik energi dari sumber daya dengan memanfaatkan USB. Akan tetapi, sistem ini relatif lambat untuk mengisi karena jumlah daya yang ditransfer tak besar.

Rumor mengenai rencana Apple untuk menyematkan kemampuan pengisian daya nirkabel sebenarnya telah terdengar mulai awal tahun ini. Perusahaan yang kini dipimpin Tim Cook itu disebut akan menggarap teknologi pengisian daya nirkabel yang berbeda dari saat ini.

Teknologi pengisian daya nirkabel yang dikembangkan Apple memungkinkan perangkat berada dalam jarak jauh. Jadi, teknologi ini memungkinkan iPhone diisi dayanya tanpa perlu diletakkan di dock pengisian daya nirkabel. 

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.