Sukses

Petinggi SoftBank Jadi Presiden Grab

Layanan transportasi online, Grab, mengumumkan Ming Maa sebagai Presiden dan akan bermarkas di Singapura.

Liputan6.com, Jakarta Layanan transportasi online, Grab, mengumumkan Ming Maa sebagai Presiden dan akan bermarkas di Singapura. Ming bergabung dengan Grab dari SoftBank Group Corp, yang merupakan salah satu investor strategis utama Grab.

Dalam peran baru ini, Ming secara garis besar akan bertanggung jawab mendorong berbagai aktivitas pengembangan perusahaan, termasuk kemitraan strategis dan kesempatan investasi, pengembangan dan eksekusi dari strategi pasar terbaru, mengelola struktur kapital perusahaan secara keseluruhan, dan aktivitas korporat lainnya.

Ming sendiri telah memiliki pengalaman lebih dari 12 tahun dalam bidang keuangan dan investasi di Amerika Serikat dan Asia.

Di SoftBank, ia memiliki peran penting dan bertanggung jawab atas berbagai investasi SoftBank di sejumlah perusahaan industri ride-sharing dan eCommerce, termasuk investasi Seri D untuk Grab pada April 2015 dan tambahan investasi Seri F pada September 2016.

"Ming adalah orang yang sangat strategis, dan wawasan yang dimilikinya lebih dari beberapa dekade dalam bidang investasi di Amerika Serikat dan Asia, akan menjadi nilai tambah yang luar biasa, seiring dengan perjalanan kami untuk memperluas kepemimpinan pasar di Asia Tenggara," ujar Group CEO dan Co-Founder Grab, Anthony Tan, dalam keterangan resminya, Jumat (14/10/2016).

Anthony melanjutkan, Grab akan tetap fokus menjadi yang terdepan dalam menciptakan pengalaman terbaik untuk para pengguna. Ditambah lagi, perusahaan akan terus mengembangkan platform transportasi dan pembayaran GrabPay.

"Penunjukan Ming merefleksikan komitmen kami untuk mengantarkan pertumbuhan dan inovasi yang berkelanjutan. Kami sangat senang dapat menyambut Ming bergabung dalam tim kami," sambungnya.

Adapun Ming, mengatakan akan memanfaatkan pengalamannya di industri eCommerce dan ride-sharing untuk mengembangkan Grab.

"Saya sangat senang dapat bergabung dengan tim Grab yang penuh talenta, dan memanfaatkan pengalaman saya dalam industri eCommerce dan ride-sharing untuk membangun kesuksesan Grab, seiring dengan upaya kami menciptakan ekosistem mobile generasi berikutnya di Asia Tenggara," jelas Ming.

Pria yang mendapatkan gelar Bachelor of Science dan Master of Science dari Massachusetts Institute of Technology ini juga pernah bekerja di Jakarta, Indonesia. Sebelum bergabung dengan SoftBank, Ming merupakan Principal di Ancora Capital Management Pte Ltd yang berbasis di Jakarta.

Ia pun memiliki rekam jejak lain yang tak kalah menarik. Sebelum di Ancora, Ming merupakan Vice President untuk Merchant Banking Division di Goldman Sachs, berbasis di Tokyo dan San Francisco.

Di sana, Ming mengelola investasi di seluruh spektrum industri dan melayani jajaran perusahaan teknologi dan media.

(Din/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.