Sukses

Duh, Update iOS 10 Ternyata Bermasalah!

Tak sedikit pengguna iOS mengeluhkan masalah update sistem operasi terbarunya ini, lalu Apple harus bagaimana?

Liputan6.com, Cupertino - Sistem operasi teranyar iOS 10 akhirnya telah resmi dirilis. Sayangnya, update iOS 10 bagi sebagian besar pengguna tidak berjalan mulus.

Banyak yang komplain setelah meng-update ke iOS 10, perangkat mereka langsung 'crash' dan tidak bisa digunakan.

Dilansir laman Mirror pada Rabu (14/9/2016), masalah bermula ketika pengguna telah mengunduh update iOS 10 dan menginstalnya di perangkat iOS.

Tak lama kemudian, perangkat mereka pun langsung masuk ke kondisi 'brick', di mana tidak dapat melanjutkan update.

Pada poin itu, layar perangkat iOS pun berubah dan meminta penggunanya untuk menghubungkan perangkat mereka ke PC atau Mac agar bisa merampungkan proses update iOS 10.

Dalam waktu yang begitu singkat, Apple langsung merespon kejadian tersebut. "Masalah telah kami atasi dan kami meminta maaf kepada para pengguna karena hal ini telah terjadi. Kami pun juga menjamin proses update iOS 10 akan berlangsung tanpa adanya gangguan. Untuk ke depannya, kami juga akan luncurkan update terbaru untuk iOS 10 ini," tulis pihak Apple.

Gangguan update iOS ini memang bukan yang pertama dirasakan pengguna. Sebelumnya, jutaan pengguna mengalami kendala kala meng-update ke iOS 9.3. Sejumlah aplikasi kala itu sempat tak berfungsi, seperti Safari, Mail, Notes, dan Messages.

iOS 10 memboyong sejumlah perubahan besar, di antaranya adalah Siri yang kini lebih proaktif dan cerdas dalam merespon perintah pengguna.

Selain itu iOS 10 dipoles dengan fitur Universal Clipboard, yang memungkinkan pengguna iPhone bisa meng-copy teks dan gambar dari iPhone dan di-paste ke perangkat Mac.

Adapun fitur lainnya adalah Raise to Wake, yang membuat pengguna iPhone dapat menyalakan perangkatnya dengan mudah dan praktis tanpa harus menekan tombol apapun.

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.