Sukses

Blocks, Smartwatch Modular Pertama asal Inggris

Smartwatch ini dibanderol dengan harga US$ 330 dan mulai dipasarkan pada bulan September mendatang

Liputan6.com, Jakarta - Desain modular atau bongkar pasang ternyata tak hanya berlaku untuk produk smartphone, kali ini smartwatch pun melakukan hal serupa. Adalah perusahaan asal Inggris yang bernama Block yang memperkenalkan smartwatch modular pertama.

Dikutip dari laman Engadget, Minggu (12/6/2016), smartwatch ini pertama kali diperkenalkan pada Mei 2016. Setelah melalui proses pengembangan, tahun ini perangkat tersebut siap diproduksi massal.

Ada enam modul yang sudah dipersiapkan Blocks pada paket perdana penjualan, yakni unit GPS, baterai tambahan, sensor denyut jantung, sensor temperatur, kelembapan, ketinggian, tombol pemograman, dan lampu senter.

Selain keenam modul tambahan tadi, Blocks juga tengah mempersiapkan beberapa modul lain. Modul yang sedang dikerjakan saat ini adalah pengukur temperatur tubuh, pemindai sidik jari, serta pengontrol pergerakan.

Blocks juga menggunakan platfrom terbuka, sehingga pengembang pihak ketiga dapat membuat modul lain sesuai kreasi dan ketertarikannya.

Masing-masing bagian dari smartwatch ini akan dilengkapi dengan sebuah unit bernama 'Core'. Komponen itu yang disematkan pada strap jam, dan dapat dilepas pasang sesuai kebutuhan.

Rencananya, smartwatch ini akan mulai dipasarkan pada bulan September mendatang. Jam pintar yang sudah mendapat pesanan 5.500 di laman Kickstarter ini dibanderol dengan harga pre-order US$ 330 (Rp 4,3 juta).

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.