Sukses

Bersiap, Windows 10 Tak Lagi Gratis Dalam Waktu Dekat

Liputan6.com, Jakarta - Windows 10 yang diluncurkan pada Juli tahun lalu bersiap mengakhiri masa gratisnya. Microsoft sendiri sudah memastikan akan menarik biaya dari pembaruan setelah Juli tahun ini.

Melalui laman blog resminya beberapa waktu lalu, Microsoft mengingatkan pengguna Windows bahwa masa pembaruan gratis untuk Windows 10 kian dekat.

"Pembaruan gratis akan berakhir pada 29 Juli mendatang dan kami tak ingin para pengguna melewatkannya (pembaruan Windows 10)," ujar Yusuf Mehdi, Corporate Vice President of Microsoft Windows and Device Group, seperti dikutip dari laman Forbes, Minggu (8/5/2016).

Mehdi menuturkan setelah 29 Juli semua perangkat yang sudah terpasang Windows 10 akan terus dapat digunakan. Bagi perangkat yang belum terpasang, pengguna dapat membeli versi lengkap Windows 10 Home seharga US$ 119 atau sekitar Rp 1,5 juta. 

Selain Windows 10 Home, pengguna Windows 7 atau Windows 8/8.1 versi profesional juga akan kehilangan kesempatan melakukan pembaruan gratis setelah 29 Juli. Harga setelah pembaruan gratis untuk Windows 10 Pro sendiri adalah US$ 199 atau sekitar Rp 2,6 juta.

Windows 10 sendiri merupakan sistem operasi pertama dari Microsoft yang berfungsi di semua perangkat, seperti smartphone, tablet, PC, serta konsol gim Xbox One.

Perusahaan asal Redmond tersebut juga menyebutkan Windows 10 sudah terpasang dan aktif di lebih dari 200 juta perangkat di seluruh dunia. Jumlah itu disebut menjadi adopasi tercepat dalam sejarah Windows.

Microsoft sendiri menargetkan pemasangan pada satu miliar perangkat dalam waktu dua sampai tiga tahun ke depan.

(Dam/Cas)