Sukses

Akses Berita Liputan6.com Lebih Cepat dengan Fitur Google AMP

Portal berita Liputan6.com kini mendukung fitur AMP dari Google, sehingga pembaca bisa mengakses berita lebih cepat dan hemat data.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu raksasa teknologi Google baru mengumumkan fitur terbaru yang memungkinkan pengguna mengakses informasi lebih cepat. Fitur tersebut bernama Accelerated Mobile Pages (AMP), yang kini juga sudah diluncurkan secara resmi di Indonesia. Salah satu portal berita yang telah menerapkan fitur tersebut adalah Liputan6.com. Kini pengguna internet di Tanah Air dapat mengakses konten berita di Liputan6.com lebih cepat dan hemat data tanpa mengurangi kualitas. Selain itu, laman Bintang.com dan Bola.com juga telah mendukung fitur AMP Google, sehingga pembaca juga dapat menikmati akses cepat dan hemat data.

Sebelumnya, tim Tekno Liputan6.com berkesempatan mengunjungi kantor pusat Google Indonesia. Saat itu tim Tekno berinteraksi dengan Rudy Galfi, Product Manager Google di Mountain View via live conference agar bisa melihat bagaimana cara AMP ini bekerja.Seperti disampaikan Galfi, AMP bersifat open source (www.ampproject.org) dan pertama kali diumumkan secara global sejak Oktober 2015. Dalam kurun waktu empat bulan, ratusan penerbit, perusahaan teknologi, dan iklan telah bekerja sama untuk mengembangkan mobile web yang lebih cepat dan optimal.Khusus untuk Indonesia, AMP hadir untuk memudahkan netizen mencari konten yang diinginkan tanpa harus menunggu loading."Saat Anda mencari sebuah berita atau topik di Google melalui perangkat mobile, laman web relevan yang dibuat menggunakan AMP akan muncul. Berita yang Anda pilih akan dimuat dengan sangat cepat. Anda akan merasakan mudahnya membaca seluruh artikel tanpa harus menunggu loading yang lama," kata Galfi.AMP sendiri bekerja dengan menyederhanakan isi coding dalam sebuah laman. Dengan kata lain, penerbit bisa menggunakan laman yang menggunakan HTML sepenuhnya dan laman sudah dioptimalisasi dengan AMP. Dengan begitu, ketika pengguna internet melakukan penelusuran melalui Google, mesin pencari tersebut akan otomatis menampilkan situs-situs yang mendukung AMP di deretan atas.(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.