Sukses

Lagi, Pabrik iPhone Dilahap Si Jago Merah

Api mulai menjalar di pusat penyejuk udara dan ventilasi di atap salah satu pabrik Foxconn di Zhengzhou, China.

Liputan6.com, Zhengzhou - Kebakaran terjadi tadi malam di pabrik Foxconn di Zhengzhou, China. Pabrik ini dilaporkan kerap digunakan untuk memproduksi smartphone andalan Apple, iPhone. Wall Street Journal melaporkan, kebakaran meluas ke beberapa lantai pabrik.

Foxconn mengonfirmasi kejadian ini dan mengatakan bahwa tidak ada korban jiwa dan aktivitas produksi tidak terpengaruh. Pemerintah setempat mengatakan, mereka sedang menyelidiki penyebab kebakaran.

Mengutip laman Techcrunch, Selasa (26/1/2016), api mulai menjalar di pusat penyejuk udara dan ventilasi di atap salah satu pabrik Foxconn di Zhengzhou, dan kemudian menyebar ke beberapa lantai.

Untuk diketahui, peristiwa nahas ini bukan kali pertama terjadi. Pada Mei 2011, ledakan terjadi di pabrik Foxconn di Chengdu, Barat Daya China. Kejadian ini menewaskan tiga orang setelah combustible dust (debu yang mudah terbakar) terbakar di dalam saluran udara.

Empat bulan kemudian, kebakaran terjadi di sebuah pabrik Foxconn di Shandong, China Timur, dan kali ini tidak ada korban jiwa. Foxconn sering terlibat kasus HAM, yang mana kurang menyejahterakan karyawannya.

Serangkaian kasus bunuh diri pekerja kerap terjadi karena kondisi yang buruk. Pada September 2012, diperkirakan 2.000 pekerja di pabrik Foxconn ricuh di Taiyuan, China Utara. Beberapa petugas keamanan dituduh memukuli karyawan.

(Isk/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini