Sukses

Ini Angka Penjualan Smartphone Xiaomi di 2015

Liputan6.com, Jakarta - The new rising star asal Tiongkok, Xiaomi, akhirnya merilis angka penjualan smartphone besutannya sepanjang 2015.

Dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari Tech Crunch, Sabtu (16/1/2016), Xiaomi mengatakan bahwa pihaknya menjual lebih dari 70 juta smartphone sepanjang 2015.

Angka tersebut menunjukkan sebuah peningkatan 15 persen jika dibandingkan dengan angka penjualan pada 2014 yang mencapai 61 juta.

Akan tetapi, angka tersebut juga meleset dari target penjualan yang ditetapkan: 80 juta smartphone, yang target awalnya 100 juta smartphone.

Sementara itu, para analis umumnya bersepakat bahwa pabrikan Tiongkok lainnya, Huawei, mengalahkan Xiaomi dalam hal performa pada 2015.

Wall Street Journal baru-baru ini melaporkan bahwa Huawei menjadi perusahaan Tiongkok pertama yang mengapalkan lebih dari 100 juta smartphone dalam setahun. Berkat hal ini, Huawei mencatatkan pertumbuhan pengiriman sebesar 44 persen yang mengesankan.

Adapun pada akhir 2015, perusahaan analis Canalys melaporkan bahwa Huawei menyalip Xiaomi sebagai penjual smartphone Tiongkok terbaik pada kuartal ketiga tahun lalu.

Dan di sini ada indikasi yang berkembang bahwa model penjualan online Xiaomi telah ditiru dalam kompetisi ini. Demikian juga, bisnis layanan Xiaomi belum terlalu mampu unjuk gigi.

(WhyIsk)*