Sukses

Pilkada Serentak di Indonesia Hasilkan 370.000 Tweets

Terdapat setidaknya 370.000 tweets yang terkait dengan Pilkada yang digelar pada 9 Desember kemarin di 264 daerah di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Pemilihan Kepala Daerah atau pilkada serentak yang digelar pada 9 Desember kemarin di 264 daerah di Indonesia telah mencuri perhatian dunia. Beberapa media asing turut serta memberitakan gelaran pesta demokrasi di Indonesia itu.

Sebelum menggunakan hak suara untuk memilih calon kepala daerah yang tepat, masyarakat Indonesia memanfaatkan Twitter untuk menyuarakan pilihan mereka, mendapatkan informasi terkini tentang calon pemimpin daerah, dan mengekspresikan opini mereka terkait proses pemungutan suara di daerah masing-masing.

Di bawah ini adalah Heat Map yang menggambarkan dinamika percakapan tentang #Pilkada2015 selama satu bulan terakhir. Pulau Jawa dan Sumatera merupakan daerah yang paling ramai berpartisipasi dalam percakapan Twitter terkait Pilkada Serentak tahun ini.

Heat Map di twitter.com

Terdapat setidaknya 370.000 tweets yang terkait dengan Pilkada selama satu hari kemarin. Sebagai platform real-time dan publik, Twitter menjadi tempat bagi masyarakat Indonesia untuk melihat hasil sementara #Pilkada2015 kemarin.

Berdasarkan data Twitter mengenai percakapan seputar Pilkada satu bulan terakhir, dapat diprediksi nama kandidat yang unggul dalam pemilihan suara 2015 versi Twitter untuk masing-masing daerah.

Data-data ini memiliki hasil yang cukup sesuai dengan data hasil quick count yang dikeluarkan oleh beberapa lembaga. Demikian menurut keterangan resmi Twitter, Minggu (13/12/2015).

Kandidat yang unggul dalam pemilihan suara 2015 versi Twitter untuk masing-masing daerah.


Selain dimanfaatkan oleh para pemilih untuk mencari informasi terkini tentang para kandidat, Twitter juga dimanfaatkan oleh para kandidat dalam membangun personal branding untuk meraih dukungan masyarakat di daerah masing-masing.

Para kandidat menciptakan tagar untuk kampanye mereka, seperti #SalamTigaJari oleh Airin-Benyamin, #IkiSuroboyo oleh Risma-Whisnu, #SulutHebat oleh Olly-Steven, serta #DepokTerbaik oleh Idris-Pradi.

(Isk/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.