Sukses

5 Orang Amerika Terkaya di Industri Teknologi

Dalam daftar orang terkaya di AS pada 2014, nama-nama tersohor dari industri teknologi tampak menempati daftar tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Kesuksesan perusahaan tentu berimbas dengan semakin bertambahnya pundi-pundi kekayaan orang yang mendirikan atau memimpin perusahaan tersebut. Hal ini juga berlaku di industri teknologi.

Jajaran orang terkaya dari industri teknologi bisa dilihat dalam daftar Forbes 400 yang baru dirilis. Forbes 400 merilis daftar orang terkaya di Amerika Serikat (AS) pada tahun ini. Adapun gabungan kekayaan bersih 400 orang terkaya AS adalah US$ 2,29 tiriliun, meroket tajam dari US$ 270 miliar pada tahun lalu.

Di antara orang terkaya di Amerika Serikat (AS) pada 2014, nama-nama tersohor dari industri teknologi tampak menempati daftar tersebut. Bill Gates adalah salah satunya.

Gates bisa dibilang sudah 'senior' dalam daftar orang terkaya, tidak hanya di AS tapi juga di dunia. Selain Gates, masih ada orang Amerika terkaya lain dari industri teknologi, berikut lima di antaranya seperti dilansir Business Insider, Rabu (1/10/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Bill Gates (US$ 81 Miliar)

Kekayaan Gates bertambah sebesar US$ 9 miliar, yang sebagiannya berkat peningkatan tajam saham Microsoft.

Selain itu, Gates juga diprediksi memiliki pendapatan sebesar US$ 6 miliar dalam enam bulan terakhir melalui perusahaan bernama Cascade. Ini adalah perusahaan private yang tidak merilis laporan pendapatan.

Tidak hanya menjadi orang terkaya dari industri teknologi, salah satu pendiri Microsoft ini adalah orang terkaya di AS secara keseluruhan.

3 dari 6 halaman

2. Larry Ellison (US$ 48,2 miliar)

Awal bulan ini, Ellison mengundurkan diri dari perannya sebagai Chief Executive Officer (CEO) Oracle dan kini menjabat sebagai Chief Technology Officer (CTO). Perusahaan ini didirikannya pada 1977.

Kekayaannya bertambah US$ 9 miliar. pria berusia 70 tahun ini dikenal dengan gaya hidup mewahnya termasuk jajaran mobil dan kapal pesiar. Dia juga memiliki 97 persen kepemilikan pulau Lanai Hawaii.

4 dari 6 halaman

3. Mark Zuckerberg (US$ 34,8 miliar)

Pundi-pundi uang pendiri Facebook ini bertambah US$ 15 miliar, kenaikan kekayaan terbesar dalam daftar Forbes 400 2014.

Melalui Facebook yang berdiri sejak 2004, sejumlah langkah akuisisi dilakukannya. Salah satu yang terkenal adalah mengakuisisi WhatsApp pada tahun lalu.

5 dari 6 halaman

4. Larry Page (US$ 31,8 miliar)

Larry Page mendirikan Google bersama Sergey Brin. Kekayaan Page bertambah US$ 6,6 miliar.

Tiga tahun setelah Page menggantikan tugas CEO, saham perusahaan membumbung tinggi. Dia mengawasi sejumlah akuisisi kunci pada tahun ini, termasuk Nest, Twitch, dan Dropcam.

6 dari 6 halaman

5. Sergey Brin (US$ 31 miliar)

Jumlah peningkatan kekayaan Brin sama seperti Page. Google memiliki peranan besar dalam peningkatan kekayaannya.

Brin mendirikan Google bersama Page saat keduanya masih menjadi mahasiswa di Stanford. Kini dia mengepalai proyek-proyek khusus dengan Google X yaitu sebuah divisi rahasia yang bertanggungjawab atas proyek-proyek beresiko seperti lensa kontak pintar, mobil pintar, dan Google Glass.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini