Sukses

Rakuten Masuki Bisnis Penerbangan Murah

Liputan6.com, Jepang - Rakuten Inc. yang populer dengan bisnis e-commerce mengumumkan langkah strategis terbaru perusahaannya dengan meluaskan sayap bisnis ke industri transportasi. Tak tanggung-tanggung, perusahaan asal Jepang itu langsung masuk ke industri penerbangan.

Masuknya Rakuten ke industri penerbangan dilakukan melalui pembelian saham AirAsia Japan Co.Ltd yang merupakan maskapai penerbangan murah alias low cost carrier (LCC).

Dalam keterangan resminya, Rakuten mengaku telah sepakat untuk membeli 18% saham perusahaan yang merupakan bagian dari jaringan AirAsia itu. Maskapai AirAsia Japan sendiri baru akan diluncurkan di Jepang beberapa waktu mendatang.

Maskapai yang luas dikenal sebagai LCC tersebut sudah sangat populer. Di kawasan Asia Tenggara, LCC menguasai 52% pasar serta di Amerika Utara dan Eropa menguasai lebih dari 30% pasar pengguna transportasi udara. 

Di Jepang, AirAsia berencana akan menyediakan penerbangan domestik baru kemudian menyediakan ke rute lain. Langkah tersebut sudah dilakukan AirAsia di negara lain sebelum perusahaan itu memasuki Jepang.

Rakuten sebetulnya berinvestasi di maskapai penerbangan murah itu untuk memperkuat Rakuten Travel, layanan perjalanan miliknya. Rakuten Travel tersebut diklaim telah memiliki 29.250 hotel sebagai anggotanya.

Rencana pembelian saham itu berdampak bagus bagi perusahaan. Saham Rakuten dilaporkan melambung 3,2% di Tokyo setelah perusahaan belanja online tersebut berencana untuk berinvestasi ke perusahaan penerbangan AirAsia.

Baca juga:
Perluas Penjualan, Rakuten Buka Kafe di Shibuya Tokyo
Saingi Line, Rakuten Lamar Viber Dengan 'Mahar' US$ 900 Juta
Raksasa Internet Jepang Rakuten Kuasai Situs Video Viki