Sukses

Bradley Timepiece, Jam Tangan Canggih Untuk Tunanetra

Jam tangan ini merupakan hasil kerjasama dari desainer produk, insinyur, dan orang-orang yang kehilangan penglihatan.

Liputan6.com, Teknologi yang dirancang untuk para difable kembali dihadirkan. Kali ini datang dalam bentuk jam tangan berdesain khusus yang dipersembahkan untuk para penderita tunanetra di seluruh dunia.

Menurut yang dilansir laman Kickstarter, Kamis (10/4/2014), perangkat yang diberi nama Bradley Timepiece ini merupakan jam tangan taktil yang memungkinkan pengguna tak hanya dapat melihat, tapi juga merasakan waktu yang tengah berjalan.

Jam tangan hasil kerjasama dari desainer produk, insinyur, dan orang-orang yang kehilangan penglihatan ini diklaim dapat mengubah cara seseorang saat berinteraksi dengan alat penunjuk waktu.

Menariknya, Bradley tak hanya dirancang untuk tunanetra, tetapi juga bisa dipakai oleh siapa saja yang ingin terlihat berbeda. Jam tangan ini juga memiliki beberapa manfaat, salah satunya dapat menunjukkan waktu di tempat yang gelap seperti di dalam bioskop hanya dengan cara merabanya.



Tak seperti jam tangan konvensional yang menampilkan angka atau jarum, Bradley dilengkapi dua bearing berbentuk bola - Satu bola menunjukkan menit (di atas bodi), dan satunya lagi menunjukkan jam (di sisi bodi).

Kedua bearing bola terhubung dengan magnet, sehingga tetap membuatnya berada di posisi yang tepat ketika pengguna secara tidak sengaja menyentuhnya.

Saat ini jam tangan buatan desainer Hyungsoo Kim tersebut masih berupa prototipe dan telah menggelar kampanye di platform pendanaan Kickstarter dengan memperoleh dana sekitar US$ 595.000.

Bodinya sendiri terbuat titanium, berdesain ramping, mudah dibersihkan, dan tahan lama. Bradley tersedia dalam balutan warna stainless steel klasik, dipadu tali kulit dalam tiga warna berbeda: mustard yellow, olive green, dan silver blue.

Soal harga, Kim belum menginformasikannya. Namun Bradley Timepiece dipastikan mulai tersedia di pasaran pada November 2014.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.