Sukses

Sambut Masa Depan, Mahasiswa Bikin Toilet Model Lipat

Liputan6.com, Inggris Ke depannya, ukuran rumah di kota-kota besar disinyalir akan semakin menyempit yang berarti kamar mandi juga menjadi lebih compact. Untuk menghemat ruang, sekelompok mahasiswa di Inggris menciptakan toilet duduk yang bisa dilipat.

Untuk menghemat air, perangkat yang dijuluki Iota ini memiliki sistem penyiraman pintar yang akan bekerja ketika toilet berada pada posisi tegak. Mengutip laman Daily Mail, Selasa (11/3/2014), toilet inovatif ini dirancang oleh dua orang mahasiswa University of Huddersfield, Gareth Humphreys dan Elliott Whiteley.

Iota diklaim menghemat sepertiga ruangan ketimbang toilet konvensional sehingga dipercaya dapat membuat ukuran kamar mandi terlihat lebih lapang.

Perangkat rumah tangga masa depan ini juga lebih efisien karena hanya menggunakan setengah dan dua liter air sekali penyiraman, dibandingkan dengan toilet kebanyakan yang bisa menghabiskan enam liter air sekali siram.

'Toilet biasa memiliki banyak masalah - penggunaan air yang berlebihan sehingga membuat sampah yang ada di sekitar mengendap dan bisa mencemarkan air bersih. Toilet konvensional juga sangat besar sehingga membuat kamar mandi terasa sempit," ujar Humphreys dan Whiteley.

Saat ini Iota masih dalam mengembangan, Humphreys dan Whiteley telah mengajukan permohonan paten untuk desain dan telah masuk Manufactures and Commerce (RSA) Student Design Awards. Mereka menyebut toilet ini mampu menghemat lebih dari 10 ribu liter air per orang setiap tahunnya.