Sukses

Kelamaan Pakai Smartphone Bisa Bikin Cepat Tua

Saat menggunakan smartphone, kepala akan lebih sering menunduk dan hal itu diyakini mempercepat terjadinya pembentukan keriput di leher.

Liputan6.com, Jakarta Hampir setiap saat smartphone selalu berada di genggaman kita. Berbagai jenis kegiatan mulai dari naik kendaraan umum, bekerja, makan, saat berjalan, bahkan ketika di kamar mandi pun banyak di antara kita yang seakan tidak rela untuk berpisah dengan smartphone kesayangan.

Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya terlalu lama memandangi layar smartphone dapat membuat kita nampak tua?

Dilansir laman Daily Mail, Dean Nathanson selaku Managing Director sebuah klinik kecantikan bernama CACI mengungkapkan, saat menggunakan smartphone, kepala pengguna akan lebih sering menunduk dan hal itu diyakini mempercepat terjadinya pembentukan keriput di sekitar leher. Munculnya keriput di bagian leher karena terlalu sering menggunakan smartphone ini bahkan telah populer dengan sebutan 'Techneck'.

"Kami telah mengidentifikasi hubungan antara penggunaan produk teknologi dengan munculnya tren 'Techneck'. Ada kemungkinan dunia kecantikan terancam oleh sebuah produk teknologi, namun dengan perawatan yang tepat, leher dan dagu Anda dapat tetap kencang," ungkap Nathanson.|

Mendukung pernyataan Nathanson, seorang ahli fisioterapis ternama dari lembaga kesehatan Chartered, Josh Catlett mengatakan, "tubuh manusia tidak dirancang untuk berada dalam satu posisi pada waktu yang lama, dan banyak orang berada dalam postur tubuh yang buruk saat menggunakan smartphone."

Untuk mengurangi dampak buruk, Catlett menyarankan para pengguna mengatur posisi tubuh dengan baik bila ingin berlama-lama menggunakan smartphone. "Masalahnya bisa menjadi lebih serius, termasuk rasa nyeri di leher, punggung, bahu hingga pergelangan tangan," sambungnya.

Baca juga: 
Pertumbuhan Pasar Smartphone Mulai Melambat
Selebriti Dunia Beramai-ramai Selfie Pakai Galaxy S5
Keren, Printer 3D Bisa Prediksi Serangan Jantung
Telkomsel Boyong BTS Combat ke Java Jazz Festival
`Kiamat` Smartphone Akan Terjadi di 2018

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.