Sukses

Sapi-Sapi Jumbo di Masjid Al Akbar Surabaya Siap Dipotong, dari Jokowi hingga Khofifah

Sapi milik Khofifah berjenis persilangan antara limosin dan angus dengan berat 1.150 kilogram atau 1,1 ton. Sedangkan tingginya 1,6 meter.

Liputan6.com, Surabaya - Pengelola Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS) menerima sapi seberat 1 ton dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) sebagai hewan kurban yang disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah atau tahun 2024.

Humas Masjid Al Akbar Surabaya Helmy M Noor menyatakan hewan kurban milik presiden memiliki bobot seberat 1.010 kilogram atau 1 ton.

"Sapi kurban dari presiden itu jenis PO atau peranakan ongole dengan berat 1.010 kilogram atau 1 Ton, tinggi 156 sentimeter, dan usia 5 tahun," kata Helmy dalam keterangannya yang diterima di Surabaya, Minggu (16/6/2024).

Sapi berwarna putih itu didapatkan dari peternak bernama Teguh asal Desa Takerhardjo, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Selain sapi dari Presiden Jokowi, pengelola MAS juga menerima hewan kurban dari Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono dan Pj Sekretaris Daerah setempat Bobby Soemiarsono.

Dia menjelaskan sapi milik Pj Adhy Karyono dan Pj Sekda Bobby memiliki jenis yang sama dengan hewan kurban dari presiden, yakni peranakan ongole.

Lebih lanjut, sapi kurban Pj Gubernur Jawa Timur memiliki berat 950 kilogram, usia 5 tahun, dan tinggi 151 sentimeter yang diperoleh dari peternak bernama Subandi asal Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan.

"Untuk sapi milik Pj Sekdaprov Jatim Bobby Soemiarsono jenis peranakan ongole yang beratnya 850 kilogram dan tingginya 146 sentimeter. Peternak bernama Teguh yang alamatnya sama dengan peternak dari Sapi Presiden Jokowi," ujarnya.

Kemudian, ada juga hewan kurban dari Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa.

Helmy menjelaskan sapi milik Khofifah berjenis persilangan antara limosin dan angus dengan berat 1.150 kilogram atau 1,1 ton. Sedangkan tingginya 1,6 meter.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sapi dari Peternak di Lamongan

 

Sapi tersebut didapatkan dari peternak bernama Jamil Achmadi asal Desa Katol Timur, Kecamatan Kokop, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

"Kami juga menerima hewan kurban dari kapolda, pangdam, pangkoarmada, dan pejabat forkopimda lainnya," katanya.

Helmy menyatakan prosesi penyembelihan hewan kurban dilaksanakan pada H+1 Hari Raya Idul Adha atau pada Selasa (18/6).

"Distribusi daging qurban dilaksanakan melalui Kelurahan Pagesangan dan Menanggal merujuk data Gakin yang diverifikasi oleh RT/RW setempat. Tidak ada pembagian kupon," ujar Helmy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.