Sukses

Kaesang: Tak Masalah PSI Gagal ke Senayan, Legowo Banget Saya

Dia mengatakan, dalam politik menang dan kalah merupakan hal yang biasa. Termasuk dia pun tidak masalah telah mengalami kekalahan walaupun partainya telah menggelontorkan anggaran.

 

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menyatakan, tidak masalah PSI gagal lolos ke Senayan.

"Saya sebagai ketua umum ya nggak masalah, ini namanya politik," kata Kaesang Pangarep, di Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Dia mengatakan, dalam politik menang dan kalah merupakan hal yang biasa. Termasuk dia pun tidak masalah telah mengalami kekalahan walaupun partainya telah menggelontorkan anggaran.

"Ini proses kita, proses kita menjadi jauh lebih dewasa, supaya menjadi lebih baik, santai kok," katanya.

"Legowo banget saya," tambahnya.

Terkait gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK), dia mengaku partainya bakal melihat terlebih dahulu situasi. Dia pun mempersilakan bila ada partai lain yang mengajukan gugatan ke MK, termasuk Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang sama-sama tidak lolos ke Senayan.

"Tapi ya masa mau menggugat 200 ribu suara itu dari mana, semua ada saksinya," kata Kaesang saat menjawab pertanyaan pewarta soal PPP yang mengajukan gugatan ke MK.

Walaupun gagal, dia menilai bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyelenggarakan Pemilu 2024 dengan baik. Jika pun ada kesalahan-kesalahan, menurutnya hal tersebut bersifat manusiawi.

Adapun PSI pada Pemilu 2024 hanya meraup sebanyak 4.260.169 suara. Secara persentase, perolehan PSI tersebut hanya 2,81 persen dari total suara sah sehingga gagal mencapai ambang batas parlemen yang telah ditentukan yakni sebesar 4 persen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ucapkan Terimakasih ke Masyarakat yang Pilih PSI

Kaesang Pangarep mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memilih PSI walaupun partai-nya tidak lolos ambang batas parlemen sehingga sejumlah calon legislatif-nya gagal melenggang ke Senayan.

Dia mengatakan, bahwa berdasarkan penetapan hasil Pemilu 2024 oleh KPU, PSI hanya mampu memperoleh sebanyak 4.260.169 suara untuk Pemilu Legislatif (Pileg). Secara persentase, menurutnya jumlah tersebut hanya sebesar 2,81 persen dari jumlah suara sah nasional.

"Yang sudah pasti nggak akan lolos ke Senayan. Tapi saya mewakili teman-teman, saya ucapkan terimakasih kepada teman-teman lapisan masyarakat," kata Kaesang.

Dia mengaku bakal mengevaluasi partai-nya itu untuk bisa menjadi lebih baik, khususnya untuk menghadapi Pemilu 2029. Menurutnya partai yang identik dengan generasi muda itu bakal terus berjuang dengan caranya sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.