Sukses

Ini Biang Kerok Pemadaman Listrik di Sejumlah Desa di Pacitan, Ternyata Kabel PLN Dicuri

Saat kejadian waktu itu, kondisi saluran listrik di beberapa wilayah kabupaten Pacitan sedang mengalami banyak gangguan.

Liputan6.com, Pacitan - Pencurian kabel dan trafo milik PLN di wilayah Kecamatan Pringkuku dan Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan menyebebkan sejumlah desa di kabupaten tersebut mengalami pemadaman listrik cukup lama.

Manager PLN ULP Pacitan, Aditya Bimantara mengatakan, ada tiga desa terdampak pemadaman imbas pencurian kabel dan trafo PLN, yakni Desa Ngadirejan, Nglonggong, dan Desa Glinggangan.

"Memang ada pencurian kabel trafo PLN. Panjang kabel PLN yang diketahui raib mencapai 140 meter," kata Aditya membenarkan, di Pacitan, Rabu (13/3/2024).

Diduga, aksi pencurian dilakukan saat terjadi pemadaman listrik di kedua wilayah tersebut.

"Sebenarnya kabel hilang tersebut sering terjadi di beberapa daerah luar Pacitan, dan terutama di daerah perbatasan. Ini sudah masuk di Pacitan,” katanya.

Menurutnya, bahwa saat kejadian waktu itu, kondisi saluran listrik di beberapa wilayah kabupaten Pacitan sedang mengalami banyak gangguan.

Lantaran, dalam dua hari terakhir, cuaca buruk seperti hujan deras, longsor di beberapa titik, serta angin kencang terjadi di wilayah Pacitan.

Beberapa desa yang sempat mengalami pemadaman listrik cukup lama akibat kabel dan trafo dicuri itu kini sudah tersambung aliran listrik kembali.

"Saat ini, beberapa desa di dua kecamatan yang kabel trafonya hilang dicuri, sudah bisa tersambung aliran listrik kembali," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Msyarakat Diminta Ikut Menjaga Fasilitas PLN

Dia berharap kerja sama masyarakat untuk ikut menjaga fasilitas PLN karena menyangkut kepentingan umum.

Ia juga meminta masyarakat untuk segera melaporkan jika mengetahui ada orang yang mencurigakan.

"Tolong laporkan kepada perangkat dusun atau desa, pihak keamanan setempat, atau hubungi layanan call center PLN 123," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.