Sukses

Terkuak, Misteri Kematian Mahasiswi Kedokteran Unair Caroline Angelica Akibat Senyawa pada Freon AC Mobil

Misteri penyebab tewasnya Bernadette Caroline Angelica (22), mahasiswi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, di halaman apartemen Royal Bisnis Tambak Oso Sidoarjo pada 5 November lalu, akhirnya terkuak.

Liputan6.com, Surabaya - Misteri penyebab tewasnya Bernadette Caroline Angelica (22), mahasiswi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, di halaman apartemen Royal Bisnis Tambak Oso Sidoarjo pada 5 November lalu, akhirnya terkuak. 

Hasil pemeriksaan Laboraturium Forensik (Labfor), bahwa  tentang meninggalnya mahasiswi semester 7 itu meninggal lantaran  disebabkan bukan dari kandungan gas Helium, melainkan Difluoromethane atau senyawa yang digunakan pada freon AC mobil.

"Jenis gas yang digunakan adalah gas difluoromethane atau lebih dikenal sebagai freon dan bukan gas helium,” ujar Kabid Labfor Polda Jatim Kombes Pol Sodiq Pratomo, Selasa (12/12/2023).

Dikatakan, bahwa profil DNA yang ada pada korban dengan pembanding berupa tulang korban menunjukan hasil identik. Artinya, tidak ditemukan profile DNA lain selain milik korban atau dipastikan dilakukan seorang diri.

"Jika difluoromethane merupakan gas yang tidak berwarna, berbau seperti eter, tidak beracun di bawah suhu normal, bisa dengan cepat menyebabkan Asphyxia,” lanjutnya.

Difluoromethane jika dalam kepadatan tinggi, masih kata Kalabfor, bahwa bisa menyebabkan disorientasi, pusing, mual, muntah, narcotisme, aritmia, tekanan darah rendah.

Dalam kepadatan yang sangat tinggi bisa menyebabkan kematian akibat Asphyxia. Saat kontak dengan kulit atau mata, itu menyebabkan Frostbit, dll. LC50: 4900 mg/m³ per 4 jam (dihirup tikus).

"Kepadatan yang sangat tinggi dapat menyebabkan kematian. Hal tersebut akibat Asphykxia. Dengan menghirup terus dapat menyebabkan kepadatan tinggi sehingga menyebabkan kematian,” pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kronologi Kejadian

Bernadette Caroline Angelica (22), mahasiswi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, ditemukan tewas ditemukan tewas di dalam mobil yang terparkir di halaman apartemen Royal Bisnis Tambak Oso Sidoarjo, Jawa Timur pada Minggu 5 November 2023.

Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo Kompol Tiksnarto Andaru Rahutomo menyebutkan, jasad Caroline  pertama kali ditemukan oleh petugas keamanan yang tengah berkeliling apartemen.

“Ditemukan pagi sekitar pukul 05.30 WIB oleh petugas sekuriti yang sedang patrol, Dari temukan itu kemudian dilaporkan ke polisi," kata Kompol Tiksnarto. 

Pihak kepolisian yang menerima laporan itu lantas mendatangi lokasi kejadian. Setibanya di lokasi, petugas melihat sesuatu yang tak wajar dalam kematian perempuan muda itu.

Pasalnya, ketika ditemukan, korban dalam kondisi wajah terbungkus kantong plastik dan terlakban di bagian leher.

Andaru mengungkapkan, dalam plastik yang menutupi kepala korban, ada selang yang mengarah ke tabung gas helium.

Dari dalam mobil bernopol AG 1484 BY, tempat CA ditemukan tewas, polisi menemukan sejumlah barang pribadi milik korban berupa telepon genggam dan kartu identitas diri.

"Ada handphone, dompet korban, dan tabung helium. Suratnya berbahasa Inggris," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.