Sukses

6 Desa Rawan Kekeringan di Bangkalan Dapat Bantuan Program Pamsimas Tahun 2023

Pemkab Bangkalan telah berkoordinasi dengan para aparat desa penerima bantuan program tersebut dan menyampaikan ketentuan pelaksanaan, termasuk pengelolaan program tersebut.

Liputan6.com, Pamekasan - Pemerintah pusat membantu Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur mengurangi jumlah desa terdampak kekeringan di daerah itu melalui Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

"Ada enam desa rawan kekeringan dan kekurangan air bersih yang menjadi sasaran Program Pamsimas Tahun 2023 kali ini," kata Kepala Bidang Infrastruktur Kewilayahan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemkab Bangkalan Felgi Surya Prana di Bangkalan, dilansir dari Antara, Minggu (30/7/2023).

Pemkab Bangkalan telah berkoordinasi dengan para aparat desa penerima bantuan program tersebut dan menyampaikan ketentuan pelaksanaan, termasuk pengelolaan program tersebut.

Program ini, kata dia, salah satu program nasional untuk meningkatkan akses warga pedesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi layak dengan pendekatan berbasis masyarakat.

Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Bangkalan, jumlah desa terdampak kekeringan dan kekurangan air bersih sebanyak 61 desa, tersebar di sembilan kecamatan.

"Setiap musim kemarau seperti sekarang ini, ke 61 desa di sembilan kecamatan ini selalu mengalami kekeringan dan kekurangan air," kata Kalaksa BPBD Pemkab Bangkalan Heri Susianto.

Pemkab Bangkalan telah berupaya membantu mengurangi beban masyarakat dengan memberikan bantuan tandon atau penampungan air bersih.

"Melalui bantuan Program Pamsimas dari pemerintah pusat ini, maka jumlah desa terdampak kekeringan akan berkurang, setidaknya sesuai dengan jumlah desa yang menjadi sasaran program, yakni enam desa," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.