Sukses

Kunjungan Wisata di Kota Batu Membeludak, Okupansi Hotel Capai 95 Persen

Berdasarkan laporan yang ia terima dari petugas, pada destinasi wisata Jatim Park III, Minggu (23/4), tercatat kunjungan sebanyak 2.000 orang.

Liputan6.com, Kota Batu - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur (Jatim) mencatat kenaikan kunjungan wisatawan ke wilayah Kota Batu, yang merupakan salah satu destinasi wisata favorit di wilayah tersebut.

Kepala Disparbud Jatim Hudiyono mengatakan bahwa ada kenaikan pada sejumlah destinasi wisata yang ada di wilayah Kota Wisata Batu tersebut.

"Wisata buatan (di Kota Batu) memang cocok untuk berlibur bersama keluarga, karena lebih ramah anak, serta orang tua dapat mencicipi kuliner di resto atau kafe yang ada di sekitar tempat wisata tersebut," kata Hudiyono di Kota Batu, dilansir dari Antara, Minggu (23/4/2023).

Hudiyono menjelaskan, berdasarkan laporan yang ia terima dari petugas, pada destinasi wisata Jatim Park III, Minggu (23/4), tercatat kunjungan sebanyak 2.000 orang, Museum Angkut 1.500 orang dan Taman Rekreasi Selecta kurang lebih 1.200 orang. Jumlah tersebut meningkat dibanding hari biasa.

Untuk okupansi hotel yang ada di wilayah tersebut, yakni Pohon Inn dan Hotel Senyum tercatat sebesar 90 persen dari total kamar yang tersedia. Tingkat okupansi di wilayah Malang Raya hingga dua hari ke depan berkisar 90-95 persen.

Sementara di wilayah lain, ujarnya pula, dilaporkan dalam kondisi normal atau belum ada peningkatan kunjungan wisatawan yang signifikan. Di antaranya adalah Pantai Bohay dan Pantau Bentar di wilayah Probolinggo.

"Sedangkan untuk kawasan wisata di pantai utara Probolinggo mulai dari Pantai Bohay dan Pantai Bentar tidak begitu ramai. Kondisi normal seperti akhir pekan biasa," kata dia lagi.

Untuk wisatawan di Gunung Bromo, berdasarkan laporan harian yang dihimpun Disbudpar Jatim, tercatat hanya sebanyak 254 wisatawan nusantara dan delapan wisatawan mancanegara, atau jauh lebih rendah dibanding kuota yang disiapkan yakni 2.202 kunjungan per hari.

"Di Gunung Bromo juga terpantau normal, tidak ada kenaikan yang sangat signifikan. Pemberlakuan booking online sangat membantu dalam pelaksanaan pengecekan dalam memantau daya tampung kawasan wisata," katanya pula.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kuota Wisata Taman Nasional Bromo Tengger

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) menetapkan kuota kunjungan wisatawan ke kawasan Bromo, di Jatim, pada masa libur perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023.

Kuota wisatawan selama libur Lebaran pada periode 19-25 April 2023 tersebut sebesar 75 persen dari total daya tampung kawasan, atau sebanyak 2.202 kunjungan wisatawan per hari di kawasan taman nasional tersebut.

Pembelian tiket dilakukan secara daring melalui laman bookingbromo.bromotenggersemeru.org dan tidak ada pembayaran secara tunai pada pintu masuk kawasan, kecuali pada lokasi kunjungan di Ranu Regulo.

Penetapan kuota kunjungan wisatawan itu, terbagi pada kawasan Bukit Cinta untuk 93 orang per hari, Bukit Kedaluh 321 orang per hari, Penanjakan 666 orang per hari, Mentigen 165 orang per hari, dan Savana Teletubbies sebanyak 957 orang per hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.