Sukses

8 Bus Siap Angkut Warga Banyuwangi di Bali Mudik Lebaran Gratis

Liputan6.com, Banyuwangi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menyiapkan 8 bus mudik gratis bagi warganya yang bekerja di Bali. 

Sekretaris Dinas Perhubungan Banyuwangi Ali Ruchi mengatakan, setiap tahun angkutan mudik gratis ini memang rutin dilaksanakan.

Seperti biasa titik mudik difokuskan di Lapangan Niti Mandala Renon Denpasar pada 19 April 2023 pukul 08.00 WITA. Setelahnya bus akan membawa pemudik ke Banyuwangi. 

"Total ada delapan bus yang kami siapkan untuk membawa pemudik. Kemudian ada dua truk untuk mengangkut kendaraan milik pemudik," kata Ali Ruchi, Jumat (31/3/2023).

Untuk pendaftarannya, lanjut Ali, pemudik cukup menghubungi Ikawangi Dewata dan menyerahkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Tanda Anggota (KTA) Ikawangi Dewata serta foto copy STNK kendaraan bagi pemudik yang membawa motor.

"Calon peserta program mudik gratis Pemkab Banyuwangi ini akan mendapatkan formulir pendaftaran yang harus diisi dan diserahkan langsung kepada Ikawangi Dewata," kata dia.

Bagi warga Banyuwangi yang berada di luar kota selain Bali, masih bisa mengikuti program mudik gratis yang difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Untuk warga Banyuwangi yang berada di kota lain, ada juga fasilitas mudik geratis. Itu program mudik gratis dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur,” tambah Ali Ruci.

Ali Ruci berharap, program mudik gratis dari Bali ini bisa dimanfaatkan dengan baik warga Banyuwangi yang berada di Bali. Karena ini merupakan fasilitas dari Pemkab Banyuwangi untuk masyarakat Banyuwangi di perantauan.

“Silakan segera mendaftarkan diri, karena kuota bus yang disediakan ada delapan bus. Insyaallah ini cukup,” paparnya.

 

2 dari 2 halaman

Angkutan Balik Akan Diumumkan Lebih Lanjut

Sementara itu, untuk angkutan balik lebaran gratis masih akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan pihak terkait. Untuk sementara kata Ali Ruci, angkutan mudik gratis yang dibuka pendaftarannya.

“Untuk angkutan balik masih kita koordinasikan. Saat ini kita fokus untuk pendaftaran angkutan mudik gratis dari Bali. Nanti pasti kita umumkan,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.