Sukses

200 Pelaku UMKM Ikut Ramaikan Surya Festival Malangan Kota Malang

Festival heritage bertajuk Surya Festival Malangan yang digelar oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Malang pada 25-26 Februari 2023, diikuti oleh kurang lebih sebanyak 200 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di wilayah kota Malang.

Liputan6.com, Malang - Festival Heritage bertajuk Surya Festival Malangan di Kota Malang diharap mampu mengangkat potensi wisata kuliner yang ada di wilayah Kota Malang, Jawa Timur.

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko mengatakan penyelenggaraan Surya Festival Malangan tersebut perlu dikuatkan dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat untuk membuka potensi yang ada.

"Surya Festival Malangan ini, saya kira bagus untuk dijadikan satu role model. Secara ekonomi tentu ini akan menggerakkan potensi ekonomi yang ada seperti wisata kuliner," kata Sofyan Edi dilansir dari Antara, Minggu (26/2/2023).

Festival heritage bertajuk Surya Festival Malangan yang digelar oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Malang pada 25-26 Februari 2023, diikuti oleh kurang lebih sebanyak 200 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di wilayah kota Malang.

Sofyan Edi menjelaskan, dengan adanya Surya Festival Malangan tersebut, juga diharapkan mampu memperkenalkan produk hasil produksi UMKM yang ada di wilayah itu, yang pada akhirnya mampu meningkatkan pemasaran produk.

"Produk UMKM juga akan lebih dikenal, akan mampu meningkatkan penjualan atau pemasarannya. Jadi ini sangat positif," ujarnya.

Ia menambahkan, keterlibatan berbagai elemen masyarakat dalam rangkaian acara untuk menyambut Musyawarah Daerah (Musyda) XXI Muhammadiyah dan Aisiyah pada 5 Maret 2023 tersebut, bisa meningkatkan potensi sektor kuliner Kota Malang.

"Sehingga ekonomi umat juga akan semakin kuat ke depan," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Majukan Kota Malang

Dalam kesempatan itu, Ketua panitia acara, Imam Abda’i mengatakan sesuai tema yang diusung yaitu Membumikan Islam Berkemajuan dan Memajukan Kota Malang, maka acara ini merupakan khidmat Muhammadiyah untuk umat.

Festival tersebut bukan hanya sebagai sarana dakwah Muhammadiyah akan tetapi juga sebagai wujud kepedulian kepada pariwisata di Kota Malang, yang pada masa pandemi COVID-19 sempat terdampak cukup dalam.

"Selain wisata Heritage Kayutangan Kota Malang juga kaya dengan aneka kuliner, seni budaya dan tradisi," katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya, dalam Surya Festival Malangan tersebut juga melibatkan pelaku UMKM, para seniman dan kesenian tradisional. Festival tersebut diharapkan mampu memajukan potensi ekonomi Kota Malang.

"Maka poin yang kami ambil adalah ingin memajukan Kota Malang, termasuk dengan sejumlah dakwah yang merangkul semua komunitas," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.