Sukses

Ledakan di Blitar Diduga Berasal dari Petasan Warga, Puluhan Rumah Hancur

Video rumah yang hancur diduga karena ledakan itu beredar luas di media sosial WhatsApp. Satu unit rumah warga di Sadeng, Dusun Tegalrejo, Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar dari rekaman video yang beredar rata dengan tanah.

Liputan6.com, Jakarta Ledakan keras diduga dari petasan terjadi di  di Sadeng, Dusun Tegalrejo, Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Minggu (19/2) malam. Akibatnya satu rumah  Satu rumah rata dengan tanah dan puluhan lainnya rusak berat.

Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono mengemukakan anggota saat ini sedang di lokasi kejadian dan melakukan evakuasi.

"Betul saat ini sedang dilakukan langkah awal oleh kapolsek di lokasi," katanya di Blitar, Senin malam.

Ia belum bisa menjelaskan dengan detail terkait dengan ledakan itu. Tim saat ini masih melakukan pendataan.

Video rumah yang hancur diduga karena ledakan itu beredar luas di media sosial WhatsApp. Satu unit rumah warga di Sadeng, Dusun Tegalrejo, Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar dari rekaman video yang beredar rata dengan tanah.

Bahkan, dikabarkan ada puluhan rumah yang terkena imbas dari ledakan tersebut. Kaca-kaca rumah warga pecah karena suara ledakan yang cukup keras.

Suara ledakan tersebut bahkan hingga terdengar warga di Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. Lokasi antara Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar dengan Kecamatan Ngancar, Kediri tidak terlalu jauh.

Informasinya terdapat rumah yang diduga menimbun bahan baku pembuatan petasan hingga kemudian terjadi ledakan. Dari informasi yang beredar, satu orang ditemukan di bawah reruntuhan, namun hingga kini masih belum diketahui identitas dan kondisi yang bersangkutan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesaksian Warga

Ana, warga Kabupaten Blitar mengaku dirinya sempat mendengar suara ledakan yang cukup keras. Ia tidak tahu ledakan itu sumbernya dari apa.

"Awalnya ada suara ledakan cukup keras. Saya tidak tahu itu apa," katanya.

Baca juga: Ledakan di Cimanggu Pandeglang Banten berasal dari bahan bom ikan

Ia hanya mendengar dari teman-temannya jika ledakan itu informasinya adalah petasan. Namun, untuk kepastiannya dirinya belum tahu.

Sementara itu, dari rekaman video yang beredar, warga berduyun-duyun ke lokasi. Mereka ingin memastikan kejadian ledakan itu.

Bahkan, warga memadati lokasi tersebut. Beredar video, warga memenuhi jalan raya menuju ke lokasi kejadian.

Di lokasi kejadian, warga sudah ramai membantu mencari para korban.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.