Sukses

Kolaborasi Swasta dan Pemerintah Jaga Kualitas Udara Kota Surabaya

Liputan6.com, Surabaya - PT ABM Investama Tbk (ABM) melalui anak usahanya di bidang logistik, PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, melakukan penanaman enam ribu pohon mangrove di kawasan Adventure Land Romokalisari Surabaya.

Presiden Direktur PT ABM Investama Andi Djajanegara mengungkapkan, kegiatan ini merupakan bagian mendukung pemerintah dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

“Saat ini kita sudah kehilangan tanaman mangrove di Indonesia sudah mencapai 700 hektare. Untuk itu, kita harus memperbaiki iklim, hadirnya program ini juga turut menyambut peringatan Hari Mangrove Sedunia yang sekaligus mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi bersama dalam upaya penyelamatan bumi kita ini,” ujarnya, Kamis (8/12/2022).

Andi mengatakan, kegiatan seperti ini bukan pertama kali dilakukan. Pihaknya sebelummnya juga melakukan hal yang sama di daerah Balikpapan, Kalimantan Timur seluas empat hektar. Sementara di area Adventure Land Romokalisari, Kota Surabaya ini mencapai luas lahan 1,5 hektare.

“Seperti yang kita ketahui, Mangrove atau populer disebut blue carbon merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki segudang manfaat khususnya dalam menjaga kualitas udara, mencegah erosi dan abrasi, serta sebagai habitat bagi fauna di sekitarnya,” ucapnya.

Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, Evy Aviana Sari menegaskan, pemulihan ekosistem mangrove merupakan kerja kolaboratif lintas sektor dan melibatkan dukungan dari berbagai pihak di seluruh level, baik pemerintah, swasta dan masyarakat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Apresiasi

“Semua pihak harus memiliki komitmen untuk bersinergi dalam pengelolaan mangrove, mulai dari pengkajian, penyusunan roadmap, pelaksanaan pengelolaan hingga sosialisasi yang terkoordinasi dan rehabilitasi," ujarnya.

Saya mengapresiasi kepedulian CKB Group atas pelaksanaan kegiatan CSR ini dan saya berharap kegiatan ini bisa menjadi contoh baik untuk pelestasian lingkungan yang bisa memberikan dampak nyata bagi masyarakat Jawa Timur,” imbuh Evy.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS