Sukses

Ratusan Pendaftar PPK Kota Probolinggo Gagal Seleksi Administrasi

Liputan6.com, Probolinggo - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo mencatat ada sebanyak 415 orang mendaftar calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sejak dibukanya masa pendaftaran 20-29 November 2022 lalu.

Komisioner KPU Kota Probolingo Divisi Sosdiklih Parmes dan SDM Radfan Faisal mengatakan, dari 415 pendaftar 238 telah mengirimkan berkas lengkap. Sedangkan 135 pendaftar berkasnya tidak lengkap dan 42 pendaftar hanya membuat akun di aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA).

“Dari 238 pendaftar yang berkasnya lengkap 188 di antaranya dinyatakan lolos administrasi. Sementara 50 pendaftar tidak lolos. Jadi, berkas lengkap belum pasti lolos,”ujar Radfan, Kamis (1/12/2022).

Dari 188 pendaftar yang lolos seleksi administrasi, tersebar di 5 kecamatan, diantaranya Kecamatan Kademangan 26 pendftar, Kanigaran 50 pendaftar, Kadopok 31 Pendaftar, Mayangan 40 pendaftar dan Kecamatan Wonoasih 41 pendaftar.

Radfan menambahkan, berkas yang lengkap namun tidak lolos, dikarenakan sejumlah faktor. Salah satunya, surat Kesehatan tidak mencakup 3 komponen pemeriksaan. Seperti tekanan darah, kolesterol dan gula darah. Ada juga pendaftar yang tidak melampirkan surat keterangan sehat rohani.

“Kita telah selesai melakukan penelitian administrasi hingga pukul 11.00 Wib. Dan kita langsung mengelar rapat pleno berkaitan dengan hasil penelitian adaministrasi,”tambahnya.

KPU akan mengumumkan nama- nama pendaftar yang lolos seleksi administrasi pada tanggal 2-4 Desember 2022 besok. Menurut Radfan, antusiasme untuk berpartisipasi dalam Pemilu Tahun 2024 melalui penyelenggara badan adhoc cukup tinggi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Antusiasme Pendaftar Tinggi

“Ada sejumlah faktor yang membuat pendaftar hingga 400-an lebih yaitu penggunaan aplikasi SIAKBA yang memudahkan pendaftar, karena dengan aplikasi ini mereka tidak perlu lagi datang ke KPU, Cukup menggunakan dokumen di aplikasi,”tambahnya

Faktor lain menurutnya, pembentukan PPK dan PPS, tidak bersamaan tahapanya sehingga yang semula berencana daftar PPS, Juga ikut daftar PPK.

“Selain itu soialisasi yang dilakukan KPU Selama ini cukup massif baik melalui media sosial dan sosialisasi cara lainya,” tegasnya.

Dari 188 calon anggota PPK yang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi, akan mengikuti tes tulis dan tes wawancara untuk nantinya akan dipilih 5 besar di masing-masing kecamatan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS