Sukses

Aksi di 8 Kota, PPI Tiongkok Kumpulkan 553 Kantung Darah untuk PMI

PPI Tiongkok menggelar kegiatan donor darah dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional, dari Medan sampai Surabaya.

Liputan6.com, Jakarta - Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), Lions Club Medan dan Bandung menggelar kegiatan donor darah dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada tanggal 12 November 2021.

Kegiatan ini dilaksanakan sejak Jumat (12/11) sampai Minggu (14/11) di Surabaya, Medan, Jakarta, Bandung, Jambi, Semarang, Banjarmasin, dan Palembang dan mendapatkan dukungan dan apresiasi dari Bank Sumut Cabang Babel Kapten A. Rivai Palembang dan konsultan pendidikan luar negeri, TUTORAVEL.

Ketua PPI Tiongkok, Nikkolai Ali Akbar Velayati, mengatakan bahwa PPI Tiongkok mengadakan program donor darah serentak guna mengkampanyekan hidup sehat dan kepedulian kepada sesama di masa pandemi.

“Berbagi kepada sesama gak perlu mahal, cukup mendonasikan darah kita untuk menyelamatkan sesama,” ujar Ketua PPI Tiongkok, Nikkolai Ali Akbar Velayati, dalam keterangan tertulis, Sabtu (14/11/2021).

Ketua Pelaksana Acara, Callista Angelique Pudjanegara, menambahkan, kegiatan ini diharapkan dapat memenuhi standar kantong darah PMI yang sempat menipis akibat meningkatnya permintaan karena pandemi dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya donor darah bagi kesehatan.

Acara ini turut juga dihadiri Wakil Ketua Bidang Kerjasama dan Kemitraan PMI DKI Jakarta yang juga merupakan Ketua PPI Turki 2014-2015, Arya Sandhiyudha. Dia menyampaikan bahwa kegiatan PPI Tiongkok dapat mendorong Perhimpunan Pelajar Indonesia lainnya untuk melakukan aksi serupa, mengingat stok darah selama COVID-19 pasokan darah di PMI sangat kurang.

“PPI Tiongkok menjadi pelopor bagi seluruh PPI yang ada dalam melaksanakan program donor darah serentak di Indonesia. Hal ini patut menjadi contoh bagi PPI Negara lain, bahkan PPI Dunia. Terima kasih kepada PPI Tiongkok telah menggelar kegiatan donor darah ini,” katanya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

553 Kantung Darah

Donor darah yang terbuka oleh umum ini dihadiri oleh 604 peserta dari kedelapan kota dan berhasil mengumpulkan 553 kantong darah. Keberhasilan kegiatan ini melampaui target dari PPI Tiongkok.

PPI Tiongkok tetap menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti prosedur yang diberikan PMI. Acara ini ditutup dengan pemberian plakat dari PPI Tiongkok kepada PMI. Selain itu, PMI juga berterima kasih atas partisipasi pendonor yang telah menambah jumlah kantong darah yang diperlukan.

Harapannya, acara serupa dapat dilaksanakan secara rutin mengingat donor darah tidak hanya bermanfaat bagi orang lain, namun juga bagi diri sendiri.

Tak lupa PMI memberikan piagam penghargaan kepada PPI Tiongkok sebagai Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) pertama dalam menyelenggarakan aksi donor darah serentak di berbagai kota di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.