Sukses

Diangkat dari Novel Fantasi, 5 Film Ini Jatuh di Box Office

Film-film yang diangkat dari novel fantasi tak semuanya sukses. Terdapat judul-judul yang jatuh di box office. Apa saja?

Mengangkat cerita dari sebuah novel, banyak film-film Hollywood yang sukses di pasaran serta box office. Akan tetapi, ada juga yang ternyata malah gagal di pasaran hingga merugi dan mendapat kritikan pedas dari para pengamat film.

Genre yang diangkat pun bervariasi, mulai dari drama, horor, laga, hingga komedi. Namun, ada beberapa juga yang diambil dari novel fantasi yang bisa dibilang sangat laris di pasaran.

Dari beberapa judul adaptasi novel fantasi yang ada, pastinya ada yang gagal di box office. Sehingga, ketika para sineas ingin melanjutkan filmnya yang diambil dari buku ke-2, mereka pun kesulitan dalam menjalankannya.

Lantas, apa saja judul-judul film adaptasi novel fantasi yang gagal di pasaran? Berikut deretan yang sempat menjadi sorotan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman


A Series of Unfortunate Events (2004)

Berbumbu komedi gelap, film berjenis fantasi ini dibintangi oleh aktor lawak Jim Carrey. Disutradarai oleh Brad Silberling. Film ini merupakan adaptasi dari The Bad Beginning, The Reptile Room, dan The Wide Window, yang merupakan tiga seri awal buku Unfortunate Events karya Lemony Snicket.

Sayangnya, dikarenakan unsur gelap yang terlalu kuat serta beberapa karakter yang kurang bisa melucu, akhirnya film ini pun tidak mampu memikat para penonton.

Sehingga, biaya yang menghabiskan sebesar 142 juta dollar Amerika, hanya meraih pendapatan di box office sebesar 209.073.645 dollar Amerika.

3 dari 6 halaman


The Golden Compass (2007)

Film ini diangkat dari buku bertajuk Northern Lights (berganti menjadi Golden Compass di Amerika Serikat) karya Philip Pullman yang merupakan bagian dari trilogi His Dark Materials.

Disutradarai oleh Chris Weitz film ini juga dimainkan oleh beberapa bintang ternama seperti Dakota Blue Richards, Daniel Craig, Eva Green, Tom Courtenay, Christopher Lee, Nicole Kidman hingga Sam Elliot.

Sayang, dikarenakan banyak hal yang membuat para penonton kebingungan serta lemahnya beberapa pemain dan efek yang disajikan, membuat biaya sebanyak 180 juta dollar Amerika hanya bisa meraih 372.234.864 dollar di box office.

4 dari 6 halaman


Beautiful Creatures (2013)

Berjenis fantasi romantis, film ini juga berasal dari novel karya Kami Garcia dan Margaret Stohl dengan judul yang sama. Disutradarai oleh Richard LaGravenese, bintang utama dalam film ini adalah Alden Ehrenreich dan Alice Englert.

Digelontorkannya dana sebesar 60 juta dollar Amerika untuk film ini, ternyata hanya mampu meraih pendapatan sebesar 60.052.138 dollar.

Film ini mendapat kritikan yang sangat tajam dan negatif atas banyaknya hal-hal klise serta nuansa romantisme yang terlalu biasa.

5 dari 6 halaman


The Host (2013)

Berjenis fantasi dan fiksi ilmiah yang romantis, The Host diadaptasi dari novel karangan Stephenie Meyer dengan judul yang sama. Adaptasi filmnya disutradarai dan ditulis oleh Andrew Niccol, dengan bintang-bintangnya yaitu Saoirse Ronan, Max Irons, Jake Abel, William Hurt, dan Diane Kruger.

Memakan biaya sebanyak 40 juta dollar Amerika, The Host hanya mampu meraup 48.227.201 dollar saat turun di kancah box office.

Banyak komentar negatif mengenai film ini, terutama dalam hal naskah serta beberapa adegan dramatis yang kurang mengena.
6 dari 6 halaman


The Mortal Instruments: City of Bones (2013)

Film ini merupakan seri awal dari buku pertama seri The Mortal Instruments karya Cassandra Clare. Aslinya, terdapat 6 buah buku yang sudah diterbitkan.

Diarahkan oleh Harald Zwart, film ini dibintangi oleh aktor internasional seperti Lily Collins, Jamie Campbell Bower, Kevin Zegers, hingga Jared Harris.

Banyak fans yang memuji film berbiaya 60 juta dollar ini. Sayangnya, para penonton umum tidak terlalu mendukung seri pertamanya sehingga film ini hanya mampu meraih pendapatan sebanyak 74.425.146 dollar.(Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.