Sukses

JKT48 Ikuti Gaya HKT48?

JKT48 dan HKT48 merupakan sister group yang berada di bawah satu manajemen. Keduanya juga memiliki konsep yang nyaris serupa.

Sejak awal kemunculannya hingga kini, idol group keluarga 48 selalu memiliki tampilan serta gaya yang variatif dan tidak monoton. Ditambah lagi, grup-grup besutan Yasushi Akimoto itu selalu menyajikan sebuah konsep musim panas yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para fans.

Mulai dari AKB48, NMB48, SKE48, hingga SNH48, semua personel di grup tersebut tidak ragu-ragu untuk mengenakan pakaian musim panas berupa busana renang di beberapa videoklip meski usia mereka masih sangat belia. Sehingga di beberapa negara luar Jepang, sebagian videoklip pastinya tidak mungkin ditayangkan di televisi.

Bahkan seperti diketahui, di beberapa videoklip milik AKB48, NMB48, hingga SKE48 banyak mengandung unsur-unsur sugestif yang mengarah kepada sensualitas hingga bisa cukup menggoda para penggemar pria yang sudah berusia dewasa.

Akan tetapi sejak kemunculan JKT48, tampaklah bahwa hal-hal tersebut dianggap tidak perlu. JKT48 memberi tampilan ala Indonesia yang bisa dibilang tergolong 'sopan' dalam berbusana. Sehingga, unsur-unsur yang masuk ke dalam kategori menggemaskan dan 'lucu' pun bisa terlihat dengan sangat jelas.

Namun, apakah hanya JKT48 yang memiliki konsep seperti itu. Nyatanya tidak, salah satu saudari mereka asal Fukuoka, HKT48 juga masih tergolong sopan bagi ukuran budaya kita.

Bila diperiksa di akun YouTube HKT48, gaya berbusana serta penampilan mereka saat tampil di pangung maupun videoklip memang agak serupa dengan saudarinya yang ada di tanah air kita, JKT48.

Tak hanya gaya berbusana dan penampilan saja, dalam hal ekspresi serta aksi pun HKT48 tergolong cukup 'imut' dan 'menggemaskan'. Suatu hal yang bisa dibilang hampir menyerupai para personel JKT48.

Bila dillihat dari pembentukannya, JKT48 memang bisa dibilang lebih junior ketimbang HKT48. Pembentukan JKT48 diumumkan pertama kali pada 11 September 2011 di Makuhari Messe, Chiba.  Audisi yang dilaksanakan pada 8 Oktober 2011 hingga 9 Oktober 2011 itu, berbuah penampilan publik perdana secara maksimal pada 17 Desember 2012 di sebuah acara televisi.

Sementara itu, pembentukan HKT48 sudah direncanakan jauh-jauh hari oleh sang produser sendiri, Yasushi Akimoto sejak 19 November 2008. Peluncuran HKT48 secara resmi diumumkan pada 1 Mei 2011 di sebuah event handshake AKB48. HKT48 sendiri menjadi sister group ke-4 AKB48 setelah SKE48, SDN48, dan NMB48.

Apakah JKT48 mengikuti gaya HKT48, ataukah sebaliknya? Dikarenakan kedua grup ini berasal dari satu manajemen, tidak ada salahnya jika mereka memiliki konsep yang sama dan saling menginspirasi, saling mendukung, serta memberi masukan satu sama lain.(Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.