Sukses

Penyanyi Elva Patty Bersinar di Moskow

Penyanyi Indonesia Elva Patty mengalahkan ratusan penyanyi dari negara lain dalam semifinal festival internasional New Wave (International Song Festival New Wave) yang berlangsung di Moskow, Rusia, 21-22 April 2013, sehingga berhak maju ke langkah berikutnya.

Siaran pers Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Moskow, baru-baru ini, menyebutkan Elva Patty baru pertama kali mengikuti festival tingkat internasional namun penyanyi berdarah Ambon, Padang, dan Sunda tersebut sangat baik dalam penampilan dan kemampuan.

Dalam babak semifinal pertama yang diikuti oleh 81 penyanyi dari 50 negara, Elva Patty tampil dengan rasa percaya diri yang kuat dengan membawakan lagu pop Natural Woman dan Living Like a Star [baca: Elva Patty Terpacu Semangat Kartini Saat Tampil di Rusia].

Semifinal pertama yang berlangsung bersamaan dengan perayaan Hari Kartini itu diikuti antara lain Rusia, Latvia, Swiss, Kroasia, Amerika Serikat, India, Maldives, Ukraina, Azerbaidjan, Armenia, Belarus, Rumania dan beberapa negara pecahan Uni Soviet lainnya.

Elva Patty menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara dalam semifinal kontes nyanyi yang cukup besar dan bergengsi di kawasan Eropa ini.

Juri yang dipimpin oleh penyanyi senior Rusia, Igor Krutoy pun memutuskan Elva Patty lolos semifinal pertama bersama 25 penyanyi lain dari 10 negara dan harus mengikuti semifinal kedua pada 22 April silam.

Penyanyi yang sudah berlatih sejak usia lima tahun itu pun kembali memukau penonton dan juri dengan lagunya Timur Indonesia (Eastern Horizon) karya Eto Ririmasse dan Irish Riswoyo serta lagu berbahasa Prancis yang dipopulerkan oleh Celine Dion, Pour Que Tu M`aimes Encore.

Di hari kedua, penyanyi berusia 25 tahun tersebut semakin percaya diri dengan penampilan yang memesona juri. Ia pun berhak maju ke babak final New Wave yang akan diselenggarakan 23-28 Juli 2013, di Jurmala, Latvia.

Bersama 15 penyanyi lain yang dinyatakan lolos dari babak semifinal, Elva Patty saat ini langsung mengikuti karantina di Borodino Hall, Moskow hingga 25 April 2013 untuk mengikuti persiapan lebih lanjut menjelang final yang biasanya dihadiri oleh lebih dari seribu orang penonton tersebut.

New Wave merupakan kontes internasional yang berlangsung di Jurmala, Latvia, yang bertujuan menjaring penyanyi-penyanyi berbakat dari berbagai negara.

Kontes yang yang diselenggarakan oleh penyanyi top Rusia, Igor Krutoy bersama omposer Latvia, Raimonds Pauls sejak 2002 ini telah berhasil mengorbitkan sejumlah penyanyi terkenal di Eropa, termasuk Rusia.

Meskipun awalnya hanya ditujukan bagi penyanyi-penyanyi asal Eropa, saat ini peserta New Wave sudah semakin luas hingga Amerika dan Asia. Pada 2009, Sandy Sandhoro bahkan berhasil memenangi kontes ini.(Ant/Ans)