Sukses

Aghniny Haque Ikut Kajian Agama demi Film Baru: Perkaya Wawasan, Perspektif dan Tumbuhkan Empati

Membintangi film Tuhan Izinkan Aku Berdosa, Aghniny Haque dan Andri Mashadi diminta sutradara Hanung Bramantyo ikut kajian selama beberapa minggu.

Liputan6.com, Jakarta Ada sejumlah cerita menarik dari lokasi syuting Tuhan Izinkan Aku Berdosa yang dibintangi Aghniny Haque dan Andri Mashadi. Keduanya diminta sang sutradara, Hanung Bramantyo ikut kajian selama beberapa minggu.

Ini penting mengingat karakter Kiran yang dimainkan Aghniny Haque tumbuh di lingkungan agamis. Begitu pula Andri Mashadi yang memerankan Darul, sosok alim karena dipengaruhi lingkungan.

“Kalau aku lebih dulu tiga bulanan (ikut kajian). Sebelum mulai proses syuting, pulang kampung dulu,” Aghniny Haque berbagi cerita di Epicentrum XXI Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Senada dengan Aghniny Haque, Andri Mashadi menjelaskan, ikut kajian agama banyak manfaatnya. Selain memperkaya wawasan dan perspekif, ia pun jadi berempati pada karakter yang dimainkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Waktu Observasi

Aghniny Haque dan Andri Mashadi ikut kajian di kawasan Blok M Jakarta Selatan. Ndilalah, lokasinya tak jauh dari tempat latihan para bintang film Tuhan Izinkan Aku Berdosa.

“Waktu observasi ya, aku suka ikut kajian atau dengar dakwah sama Aghni sekitar 2 atau 3 mingguan di Blok M. Paling sering di Blok M karena dekat sama tempat kami latihan,” katanya.

3 dari 4 halaman

Ikut Kajian, Latihan Malam

“Latihannya malam. Jadi sebelum latihan, saat magrib dan isya (kami berdua) di sana terus mendengarkan kajian. Seru sih, karena dapat banyak insight,” Andri Mashadi menjelaskan.

Keduanya sepakat film Tuhan Izinkan Aku Berdosa tidak jualan sensasi melainkan memotret perjalanan spiritual manusia dengan Sang Khalik yang diwarnai kekecewaan, pencarian jati diri, dan hikmah di balik musibah.

 

4 dari 4 halaman

Semuanya Susah!

Aghniny Haque mengaku nyaris semua adegan dalam film Tuhan Izinkan Aku Berdosa susah dilakoni. Andri Mashadi pun merasa di balik kealimannya, karakter Darul sangat kompleks dan cenderung abu-abu.

“Kalau seberapa mirip saya dengan Darul, ini bukan masalah kemiripan. Tapi sadar bahwa manusia enggak ada yang 100 persen yakin dengan pilihannya. Kadang lo harus menggali lalu tanya pada hari nurani: Kamu itu siapa sih? Ngapain di sini?” cetus Andri Mashadi.

“Menurut aku semuanya susah. Dari sisi salihahnya, dari sisi begajulannya. Aku harus melucuti tembok aku yang egonya sangat besar untuk masuk ke karakter yang pilu,” imbuh Aghniny Haque seraya mengabarkan Tuhan Izinkan Aku Berdosa tayang di bioskop mulai 22 Mei 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.