Sukses

Taylor Swift Pecahkan Rekor Lagi! Album The Tortured Poets Department Kuasai Top 14 Billboard Hot 100

Melalui album The Tortured Poets Department, Taylor Swift menjadi artis pertama sepanjang sejarah yang merajai 14 lagu teratas di Billboard Hot 100 secara bersamaan.

Liputan6.com, Jakarta - Taylor Swift kembali mencetak rekor lewat album barunya bertajuk The Tortured Poets Department (TTPD). Sang diva digadang-gadang menjadi artis pertama sepanjang sejarah yang merajai 14 lagu teratas di Billboard Hot 100 secara bersamaan.

Pencapaian ini berhasil melampaui rekor sebelumnya yang ia raih lewat album Midnights yang menguasai top 10 tangga lagu pada tahun 2022. “@taylorswift13 menjadi artis pertama dalam sejarah yang menempati 14 tempat teratas #Hot100 secara bersamaan,” demikian keterangan Billboard melalui media sosialnya, Selasa (30/4/2024).

Tak tanggung-tanggung 31 lagu dari album ganda Taylor Swift, TTPD dan TTPD: The Anthology tersebut berhasil menembus tangga lagu Billboard Hot 100, ditambah dengan single hit “Cruel Summer” dari album Lover yang juga menempati chart tersebut. Total keseluruhan yang Swift dapatkan di Hot 100 adalah 32 lagu.

Melansir dari Billboard, ini adalah entri lagu terbanyak di kalangan wanita dalam satu minggu selama 65 tahun sejarah tangga lagu tersebut. Secara keseluruhan, hanya Morgan Wallen yang memetakan lebih banyak lagu –36– dalam satu minggu setelah merilis album One Thing at a Time tahun lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Raih Posisi No.1 di Tangga Album Billboard 200

Menurut laporan Billboard pada Minggu (28/4/2024), album TTPD telah berhasil terjual sebanyak 2,61 juta unit setara album di pekan pertama di Amerika Serikat. Dari total penjualan tersebut, sekitar 1,9 juta unit berasal dari penjualan album digital, CD, vinyl, dan kaset.

Angka tersebut berhasil mengantarkan TTPD meraih posisi No.1 di tangga album Billboard 200. Capaian ini sekaligus menjadi kali ke-14 bagi Taylor Swift berhasil membawa album debut di puncak tangga penjualan album terlaris di Amerika Serikat tersebut.

Swift kini berhasil menyamai posisi Jay-Z untuk album No. 1 terbanyak di antara solois dalam hampir 70 tahun sejarah tangga lagu tersebut. Keduanya masih berada di bawah The Beatles yang telah mencatatkan 19 album di posisi puncak No.1 Billboard 200.

3 dari 5 halaman

Menyingkirkan Posisi Whitney Housten

Single utama “Fortnight” ft Post Malone dalam album TTPD merajai puncak No. 1 tangga lagu Billboard Hot 100. Ini menjadi lagu hit ke-12 sang superstar yang sukses menduduki No.1 dan berhasil menyingkirkan Whitney Housten.

Swfit kini menyamai posisi Madonna dan The Supremes untuk lagu hit No. 1 terbanyak keenam dalam sejarah. Adapun posisi pertama dipimpin oleh The Beatles yang menempati lagu hit No.1 sebanyak 20 kali.

4 dari 5 halaman

Tanggapan Taylor Swift

Melihat rekor yang berhasil dicapainya itu, Taylor Swift mengucapkan terima kasih kepada para penggemarnya yang ia sebut Swifties. Sang superstar membagikan kebahagiaan tersebut melalui akun X pribadinya @taylorswift13.

Kamu sudah mengalahkan dirimu sendiri, ini sulit dipercaya,” tulisnya takjub dengan pencapaiannya tersebut.

 

 

5 dari 5 halaman

Top 14 Billboard Hot 100

Adapun rekapan lagu-lagu album TTPD yang berhasil merajai 14 posisi teratas Billboard Hot 100 secara bersamaan, antara lain:

No. 1, “Fortnight” ft. Post Malone

No. 2, “Down Bad”

No. 3, “I Can Do It With a Broken Heart”

No. 4, “The Tortured Poets Department”

No. 5, “So Long, London”

No. 6, “My Boy Only Breaks His Favorite Toys”

No. 7, “But Daddy I Love Him”

No. 8, “Florida!!!” ft. Florence + The Machine

No. 9, “Who's Afraid of Little Old Me?”

No. 10, “Guilty as Sin?”

No. 11, “Fresh Out the Slammer”

No. 12, “loml”

No. 13, “The Alchemy”

No. 14, “The Smallest Man Who Ever Lived”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.