Sukses

Zaskia Adya Mecca Sebut Budaya di Indonesia Bikin Nikah Jadi Mahal dan Sulit: Padahal Syariatnya Simple

Zaskia Adya Mecca merasa sangat bersyukur karena bisa melangsungkan pernikahan sederhana

Liputan6.com, Jakarta Zaskia Adya Mecca menikah dengan Hanung Bramantyo pada 2009 di Masjid At-Taqwa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Kala itu pernikahan mereka dilangsungkan secara sederhana dan hanya mengeluarkan budget Rp 7,5 juta.

Zaskia Adya Mecca merasa sangat bersyukur karena bisa melangsungkan pernikahan sederhana alih-alih bermewah-mewahan seperti kebanyakan artis lainnya. 

"Oh iya dong, makanya aku enggak habis pikir orang mau nikah keluar duit banyak itu kayak.... Tapi akhir-akhir ini sudah mulai balik ke sana ya (nikah sederhana)" terangnya dikutip dari akun TikTok temanbumilofficial pada Minggu (14/4/2024).

"Karena orang Indonesia tuh kasihan loh buat aku, budaya kita membuat pernikahan itu menjadi sulit dan mahal, bikin tertunda dan menyulitkan," sambungnya.

Menurutnya, yang membuat sebagian orang sulit untuk menikah adalah karena adanya tradisi menggelar pernikahan secara besar-besaran dengan jumlah tamu mencapai ribuan orang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Syariat dan Budaya

"Syariat itu kan sebenarnya simple banget, kadang-kadang budaya itu yang membuatnya jadi sulit. Sedangkan yang kita butuhkan syariatnya ini, yang penting sah, mengikuti apa yang Rasulullah lakukan," tuturnya.

"Bahkan Sayidina Ali ketika menikah juga enggak ada apa-apa, dan dikasih baju perangnya Rasulillah buah mahar gitu, kan. Jadi sebenarnya simple," imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Sampai Berutang untuk Nikah

Menghabiskan banyak uang hingga berutang demi menggelar pernikahan menurutnya juga bukan langkah tepat. Baginya, uang sebaiknya digunakan untuk modal hidup berumah tangga.

"Dan banyak orang Indonesia ketika menikah akhirnya terbebani dengan utang. Padahal nikah itu adalah memulai hidup baru dari nol sama seseorang, harusnya kan kita punya modal banyak, tapi ini modalnya malah habis buat acara satu malam," ucapnya.

4 dari 4 halaman

Respons Warganet

Warganet menanggapi pernyataan Zaskia dengan beragam komentar. Tak sedikit yang menceritakan pengalamannya.

"Dulu sebelum nikah sampe berantem sama ortu gara2 pengen nikah sederhana bgt katanya takut disangka hamil duluan," kata salah satu netizen.

"Emg bener2 yee masa kudu nabung bertahun2 cuma buat sehari doang, trs setelah acara malah jd bengong," kata warganet yang lain.

"Sebenernya banyak juga pasangan yg pengennya nikah dg konsep minimalis kyk intimate wedding. tp percayalah, ortunya banyak yg ga mau dan maksain pake adat dg biaya yg ga sedikit," tambah yang lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.