Sukses

Vina Panduwinata Bahas Kasus Diabetes di Indonesia, Ingatkan Jaga Pola Makan dan Gaya Hidup Sehat

Vina Panduwinata menyorot jumlah kasus diabetes di Indonesia yang cenderung meningkat beberapa tahun terakhir. Kesadaran masyarakat perlu ditingkatkan.

Liputan6.com, Jakarta Si Burung Camar Vina Panduwinata menyorot jumlah kasus diabetes di Indonesia yang cenderung meningkat beberapa tahun terakhir. Ia menyebut kesadaran masyarakat Tanah Air akan bahaya diabetes perlu ditingkatkan.

Berdasarkan data International Diabetes Federation, jumlah penderita diabetes di Indonesia lebih dari 19 juta kasus dan diproyeksikan meningkat tiap tahun. Karenanya, Vina Panduwinata menyuarakan pentingnya gaya hidup sehat.

“Pertama, yang kita harus jaga sebagai manusia adalah mindset. Itu yang menjaga keindahan di dalam tubuh kita. Kedua, menjaga pola makan, pola hidup. Alhamdulillah sampai saat sekarang ini, saya masih diberi kesehatan,” katanya.

Lewat pernyataan tertulis yang diterima Showbiz Liputan6.com, Minggu (31/3/2024), Vina Panduwinata menyebut menyedihkan saat masyarakat kurang wawasan terhadap diabetes yang mematikan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ada Yang Kena Diabetes

Dalam tahap parah, penderita diabetes bisa kehilangan tangan atau kaki karena membusuk. Berkaca pada pengalaman yang terjadi di sekitar, bahkan tak jarang penderita diabetes meninggal dunia.

“Menyedihkan sebetulnya. Kita di Indonesia terlalu sedikit yang mengetahui betapa bahayanya masalah diabetes. Saya juga banyak pengalaman menghadapi beberapa orang yang diabetes, orang terdekat saya juga ada yang kena diabetes,” ujar Vina Panduwinata.

3 dari 4 halaman

Yang Menyedihkan Adalah...

“Dan yang menyedihkan adalah, bisa sampai kakinya busuk. Tangannya harus diamputasi segala macam, sampai meninggal. Sebenarnya badan kita tuh marah sama kita: Eh kamu sudah merusak aku sekian lama,” pelantun “Di Dadaku Ada Kamu.”

Vina Panduwinata juga menyerukan bahayanya komplikasi yang menyertai diabetes. Ini mempersulit pasien mencapai kesembuhan. Kualitas hidup pasien bisa menurun. Pemilik album Citra Pesona menyampaikan ini dalam kapasitas sebagai brand ambassador mGanik.

 

4 dari 4 halaman

Mencoba Melakukan Kebaikan

Vina Panduwinata menyatakan, salah satu alasan bersedia menjadi brand ambassador adalah kesamaan visi. Ia juga ingin mengisi hidup dengan menyuarakan kebaikan kepada sesama.

“Apa sih yang bisa aku lakukan dalam hidup ini? Mencoba melakukan kebaikan dan itu aku satu visi sama mGanik. Karena itu tujuan saya mengajak orang untuk lebih sehat. Untuk lebih aware dan mengerti arti kesehatan yang sesungguhnya,” tutup Vina Panduwinata.

Sebagai informasi, mGanik Metafiber adalah pionir sugar-blocker pertama di Indonesia. Sebagai pemblokir glukosa, ia dapat mencegah kenaikan gula darah setelah makan.

Pada 2023, mGanik Metafiber dianugerahi Award Top Innovation sebagai produk Minuman Serat Alami Pemblokir Gula untuk Penderita Diabetes. Awal tahun ini, mGanik Metafiber hadir dalam kemasan travel size.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.