Sukses

Reality Club Batal Manggung di SXSW 2024 Demi Bela Palestina, Nadin Amizah Menyesal Pernah Tampil: Sumpah Baru Tahu

Akhirnya, Reality Club membatalkan kesempatan manggung di SXSW 2024 demi membela Palestina setelah menyadari pihak yang menjadi sponsor utama konser tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Grup musik Reality Club sempat didaulat sebagai pengisi panggung South by Southwest (SXSW) 2024 yang digelar di Austin, Texas, Amerika Serikat, pada 11 Maret hingga 16 Maret 2024. Namun pada akhirnya, Reality Club membatalkannya setelah menyadari pihak yang menjadi sponsor utama.

Diketahui, sponsor konser SXSW 2024 adalah pihak Angkatan Darat Amerika Serikat yang bekerja sama dengan kontraktor pertahanan untuk memproduksi serta memasok senjata yang kemudian digunakan untuk melakukan serangan terhadap warga Palestina.

"Kami tidak akan tampil di showcase SXSW. Terima kasih @weareumaw dan @austinforpalestinecoalition yang menyadarkan kami mengenai informasi ini," begitu disampaikan Reality Club dalam keterangan akun Instagram @realityclub sambil mengunggah isi surat pernyataan resmi, kami kutip Sabtu (16/3/2024).

Mengetahui hal ini, Nadin Amizah yang pernah manggung di SXSW, langsung mengungkapkan penyesalannya. Disampaikan Nadin Amizah bahwa ia seharusnya lebih banyak melakukan riset sebelum menerima tawaran manggung kala itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ungkapan Nadin Amizah

Tampak penyesalan diungkapkan Nadin Amizah melalui kolom komentar di unggahan akun Instagram Reality Club. Seperti diketahui, Nadin Amizah pernah tampil di SXSW 2023 yang digelar di Sydney, Australia, pada 19 Oktober 2023.

"Sumpah baru tau!!! i wish i had done more research sebelum dulu manggung di sana💔," ujar Nadin Amizah di kolom komentar unggahan Reality Club.

 

3 dari 5 halaman

Dukungan dari Artis Lain

Selain itu, keputusan Reality Club ini mendapat dukungan besar dari para artis lainnya. Sebut saja Vidi Aldiano dan Atta Halilintar yang memberikan emotikon simbol hati.

Aktris Hannah Al Rashid juga turut memberikan dukungannya kepada Reality Club. "Solidarity always ✊🏽🫶🏼," tulis istri Nino Fernandez itu.

 

4 dari 5 halaman

Reality Club Ungkap Alasan Mundur dari Panggung SXSW

Dalam pernyataan resmi yang diunggah langsung melalui akun Instagram resminya, Reality Club menyatakan alasan memilih mundur untuk tampil setelah adanya informasi soal tentara Amerika Serikat yang telah menjadi salah satu sponsor acara SXSW.

"Kenangan terbaik kami bersama sebagai sebuah band adalah ketika kami mendapat undangan pertama untuk hadir pada tahun 2020, sebelum dibatalkan karena pembatasan Covid-19. Ketika kami diundang lagi pada tahun 2024, kami menjadwalkan tur seluruh Amerika Utara di sekitar festival," keterangan dari akun Instagram resmi Reality Club, diunggah Kamis, 14 Maret 2024.

Keputusan diambil dengan banyak pertimbangan dan perbincangan antara pihak mereka dengan penyelenggara. Reality Club mengaku keputusan tersebut tidaklah mudah untuk diambil, lantaran tampil di acara bergengsi itu adalah salah satu impian para anggota sejak lama.

Meski demikian, para anggota mengaku lebih memilih untuk mengikuti hati nurani mereka untuk membatalkan penampilan karena tidak ingin dikaitkan dengan organisasi yang terlibat dalam genosida di Palestina.

 

5 dari 5 halaman

Tetap Meminta Dukungan Penggemar

Sementara itu, untuk tur di tiga kota Amerika Utara yang tersisa, Reality Club menyatakan bakal memberikan penampilan terbaik dan meminta dukungan penggemar supaya acara berjalan lancar.

"Kami berharap kalian dapat memahami keputusan kami dan berharap suatu saat dapat tampil untuk kalian semua. Sedangkan untuk tur Amerika Utara kami, kami memiliki tiga kota tersisa, dan kami akan memberikan yang terbaik seperti biasanya. Terima kasih atas dukungan dan pengertian Anda mengenai masalah ini," begitu akhir pernyataan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.