Sukses

6 Potret AHY dan Annisa Pohan Nyekar ke Makam Ani Yudhoyono Jelang Ramadan 2024, Kirim Al Fatihah

Salah satu tradisi masyarakat jelang Ramadan yakni ziarah. Hal yang sama dilakukan Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, Annisa Pohan, dan keluarga besar.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu tradisi masyarakat Indonesia jelang bulan suci Ramadan yakni ziarah alias nyekar. Hal yang sama dilakukan Menteri Agraria dan Tata Ruang RI, Agus Yudhoyono atau AHY bersama istri, Annisa Pohan.

Tak hanya mengajak Annisa Pohan dan putrinya, Almira Tunggadewi, AHY berziarah bareng ayahnya, mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY, Adhie Baskoro alias Ibas, Alia Radjasa, serta anak-anak.

Ada tiga makam yang disambangi. Salah satunya, mantan Ibu Negara Ani Yudhoyono. Keluarga Cikeas menabur bunga, melantun doa dan Al Fatihah untuk mereka yang telah berpulang kepada Sang Khalik.

Laporan khas Showbiz Liputan6.com kali ini menghimpun 6 potret AHY, Annisa Pohan, dan keluarga besar Susilo Bambang Yudhoyono ziarah ke makam menjelang Ramadan 2024. Selamat menyimak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Tanah Kusir dan Taman Makam Pahlawan

Seperti keluarga Indonesia lainnya, AHY, Annisa Pohan dan keluarga besar pun berziarah sebelum Ramadan tiba. Mereka mengunjungi TPU Tanah Kusir Jakarta Selatan.

Setelahnya, Keluarga Cikeas menyambangi Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta Selatan, tempat peristirahatan terakhir Hj. Kristiani Herrawati atau Ibu Ani Yudhoyono.

 

3 dari 7 halaman

2. AHY dan Annisa Pohan Tampil Bersahaja

AHY tampil bersahaja mengenakan kemeja lengan panjang kadru bermotif rapat yang dipadukan celana panjang berwarna senada plus sepatu pantofel cokelat tua mengilap.

Annisa Pohan mengikuti suami dengan tampil sewarna. Memakai terusan pinggala dengan bawahan mengembang, ia anggun sekaligus santun dengan kerudung berwarna senada.

4 dari 7 halaman

3. Tradisi Keluarga

Mengunggah 10 potret ziarah di akun Instagram terverifikasi, AHY menyebut ziarah sebagai tradisi keluarga. Ziarah menjadi tradisi menyambung doa kepada anggota keluarga yang telah berpulang.

Sore ini, saya & @annisayudhoyono bersama keluarga besar Yudhoyono berziarah ke makam sebelum bulan suci Ramadhan. Ini merupakan tradisi keluarga kami yang selalu dilakukan,” tulisnya.

 

5 dari 7 halaman

4. Makam Ibunda SBY, Siti Habibah

Pemberhentian pertama adalah TPU Tanah Kusir Jakarta untuk mengunjungi makam ibunda SBY, Siti Habibah yang meninggal dunia pada 30 Agustus 2019 di RS Mitra Keluarga Cibubur.

Pertama kami ke TPU Tanah Kusir untuk berziarah ke Eyang kami, Ibunda Pak SBY, Hj. Siti Habibah. Setelah dari Tanah Kusir,” beri tahu AHY di medsos, Minggu (10/3/2024).

6 dari 7 halaman

5. Mengunjungi Makam Memo

Kami melanjutkan ziarah ke makam Almarhumah Memo @aniyudhoyono dan Om kami, H. Pramono Edhie Wibowo di TMP Kalibata. Di sana, kakak-kakak dan adik Almarhumah Memo juga ikut berziarah,” AHY mengabarkan.

Ia memohon masyarakat Indonesia turut mengirim Al Fatihah untuk Hj. Siti Habibah, Hj. Kristiani Herrawati, dan H. Pramono Edhie Wibowo. Netizen membanjiri unggahan ini dengan doa di kolom komentar.

 

7 dari 7 halaman

6. Hujan Doa Dari Netizen

Salah satu potret yang mencuri perhatian publik yakni pose keluarga besar SBY bersikap hormat di TMP Kalibata Jakarta. “Bu ani pasti bangga sekali liat mas ahy sekarang,” ungkap @sals****. “Semoga almarhum selalu di tempatkan di surganya gusti allah,” @endr**** menambahkan.

Tak hanya itu, ada pula yang menyorot kondisi kesehatan SBY yang tampak sehat. “Pak SBY tetap sehat walau ditinggal ibu Ani. Beliau dikelilingi anak mantu cucu yg hebat dan sayang pak SBY. Semoga kedepannya LBH baik,” akun @emei**** turut mendoakan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.